Heboh Kabar 10 Dokter Meninggal Meski Sudah Divaksin, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 481 2408275 heboh-kabar-10-dokter-meninggal-meski-sudah-divaksin-ini-faktanya-Gisq2vpbWP.jpg Hoax 10 dokter meninggal usai divaksin (Foto : @lawancovid19_id)

Belum lama ini beredar informasi yang tersebar di media sosial WhatsApp yang mengabarkan adanya 10 dokter meninggal karena Covid-19 dalam waktu 24 jam. Mereka disebut meninggal dunia meski sudah disuntik vaksin Covid-19. Lantas apakah kabar tersebut fakta atau hanya hoax belaka?

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (10/5/2021), mencoba menjelaskan tentang kabar yang menjadi viral tersebut. Mereka secara resmi menyatakan bahwa kabar tersebut tidaklah benar.

Hoax

“Kesepuluh dokter tersebut memang benar meninggal dunia karena Covid-19, namun tidak meninggal bersamaan dalam kurun waktu 24 jam,” tulis unggahan akun Instagram KPCPEN.

Baca Juga : Heboh Foto Amanda Manopo 'Hamil' Tersebar, Netizen Makin Happy

Baca Juga : 5 Potret Tampan Bupati Nganjuk yang Terjaring OTT KPK, Pejabat Kaya Raya Dekat dengan Rakyat!

Lebih lanjut, keterangan tersebut menulis bahwa para dokter tersebut wafat pada September dan Desember 2020, sebelum program vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Indonesia. Unggahan tersebut juga menjelaskan bahwa masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati agar tidak termakan kabar hoax yang sering beredar di masyarakat.

Covid-19

“Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting,” tulis unggahan tersebut.

Cek kebenaran sebuah informasi dengan:

1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500

2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.

3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini