7 Perawatan Sederhana Supaya Kuku Kuat dan Sehat

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 611 2408454 7-perawatan-sederhana-supaya-kuku-kuat-dan-sehat-GSTtQF5d35.jpg Ilustrasi kuku sehat dan kuat. (Foto: Racool Studio/Freepik)

KUKU merupakan bagian tubuh yang biasanya jarang dirawat. Kesehatan kuku yang tidak dijaga dengan baik dapat menyebabkan mudah rapuh.

Seperti dilansir laman Wikihow, Senin (10/5/2021), ini tips agar kuku terawat dan tetap kuat.

Baca juga: Waspada, Muncul Garis di Kuku Dianggap Gejala Covid-19 

1. Potong secara lurus

Potonglah kuku dengan lurus. Hal ini agar kuku tidak tumbuh ke dalam. Biasakan potong kuku setelah mandi, karena kuku menjadi lebih lembut jika setelah mandi.

Kuku. (Foto: Freepik)

2. Hindari cat kuku berbahan kasar

Cat kuku berbahan kasar seperti formaldehyde dan dibutyl phthalate akan melemahkan kuku. Selain itu, berulang kali menggunakan warna berpigmen yang berani dapat menyebabkan kuku menguning atau melemah. Gunakan cat kuku dengan warna natural untuk meminimalisir hal ini.

3. Gunakan minyak untuk melembapkan kuku

Sama halnya seperti bagian tubuh yang lain, kuku juga perlu tetap terhidrasi. Sebelum tidur, cobalah oleskan minyak almond atau minyak alpukat ke bantalan kuku dan kutikula agar tidak kering, rapuh, atau bersisik. Jika tidak memiliki minyak tersebut, gunakan lip balm sebagai alternatif pelembap kuku.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Tingkatkan Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku 

4. Konsumsi protein dan asam lemak omega-3

Mengonsumsi makanan mengandung omega-3 dan protein dapat membuat kuku menjadi lebih kuat. Konsumsi kandungan vitamin B juga dapat memperkuat kuku, seng dapat membantu menghilangkan bintik-bintik putih, dan zat besi dapat membantu menghentikan pembentukan tonjolan kuku. Vitamin A dan C juga dapat membantu membuat kuku lebih terhidrasi dan berkilau.

5. Berhenti menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku harus mulai diberhentikan, karena mulut memiliki kuman dan bakteri yang dapat dengan mudah masuk ke tubuh melalui lecet yang ditimbulkan oleh gigi.

Baca juga: Kenapa Ada Pola Putih di Kuku? Simak Jawabannya 

6. Hati-hati saat pedikur dan menikur

Mintalah terapis kuku untuk membiarkan kutikula tidak tersentuh, dan pastikan alat yang digunakan sudah disterilkan. Pastikan juga rendaman kaki didesinfeksi dengan larutan pemutih di antara kunjungan untuk mencegah penularan penyakit kaki. Sinar UV yang digunakan untuk membuat manikur gel dapat merusak kulit dan bahkan meningkatkan risiko kanker.

7. Konsultasi ke dokter jika kuku tidak sehat

Adanya bintik atau perubahan warna, warna dan kelenturannya tidak sama, serta ada kawah atau cekungan merupakan tanda kuku tidak sehat. Kutikula harus ada dan alas kuku harus berwarna merah muda keputihan yang merupakan tanda kuku sehat. Hal-hal seperti nyeri, bengkak, atau darah di area kuku dan jika kuku berhenti tumbuh atau mulai melengkung segera konsultasikan kuku ke dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini