Tips Lancar Silaturahmi Virtual saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 612 2408136 tips-lancar-silaturahmi-virtual-saat-lebaran-di-tengah-pandemi-covid-19-b6dR0lPuoq.jpg Ilustrasi silaturahmi virtual. (Foto: Frimufilms/Freepik)

LEBARAN atau Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi sebentar lagi tiba. Meski ada yang tidak bisa berkumpul langsung bersama keluarga karena situasi pandemi covid-19 dan larangan mudik, ternyata masih bisa melakukan silaturahmi virtual.

Silaturahmi virtual kini makin mudah. Ada beberapa aplikasi populer untuk silaturahmi virtual yang bisa diakses semua orang, meskipun gaptek.

Berikut ini tips lancar silaturahmi virtual di tengah pandemi covid-19, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Tips Bijak Kelola THR Lebaran, Langsung Bayar Zakat Ya 

Ilustrasi silaturahmi virtual. (Foto: Instagram @ariekuntung)

1. Gunakan WhatsApp di gawai

Pengguna aplikasi perpesanan satu ini sudah menyentuh berbagai kalangan dan tidak memandang usia. Artinya, silaturahmi virtual bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Sebab, salah satu fitur yang ditawarkan yakni video call. Cukup melakukan panggilan video, silaturahmi virtual sudah bisa dilakukan dengan tatap muka meski terbatas layar kaca.

Video call bisa dilakukan dengan 8 orang. Tetapi, ada juga fitur Messenger Rooms yang bisa diikuti hingga 50 orang.

Baca juga: Hadiah Lebaran saat Pandemi Covid-19, THR Online atau Parsel? 

2. Pakai layanan Zoom

Layanan aplikasi video conference ini meroket sejak pandemi covid-19. Tidak heran, banyak aktivitas bertransisi dari luring menjadi daring.

Bagi para orangtua, silaturahmi dengan aplikasi ini cenderung mudah. Cukup mengunduh dan membuat akun, aplikasi sudah bisa digunakan.

Caranya pun tidak repot, cukup dikirimkan tautan untuk bergabung di Room yang sudah dibuat, dan secara otomatis akan bergubung ketika diklik.

Ini merupakan aplikasi gratis. Setiap pertemuan bisa menampung hingga 100 orang. Tapi ada juga layanan berbayar yang bisa menampung hingga 1.000 orang.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini