Peduli Lingkungan, Sampah Plastik Mainan Gundam Akan Didaur Ulang Lagi

Antara, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 612 2408210 peduli-lingkungan-sampah-plastik-mainan-gundam-akan-didaur-ulang-lagi-W0AH2XqiOg.jpg Mainan Gundam. (Foto: Krissikates/Pixabay)

GUNDAM adalah salah satu karakter robot mainan yang terkenal asal Jepang. Gundam dikenal sebagai pahlawan pembela Planet Bumi. Tapi kini ada yang unik terkai Gundam, yakni perusahaan produsennya Bandai Namco Holding baru-baru ini meluncurkan proyek mendaur ulang sampah plastik dari mainan gundam sebagai bagian dari upaya keberlanjutan.

Dalam proyek yang dimulai per 1 April 2021 itu, para penggemar diminta memberikan sisa bingkai plastik yang biasanya dibuang setelah merangkai Gundam dari 190 pusat pengumpulan di toko-toko dan arena hiburan yang dikelola Bandai Namco.

Baca juga: Mengenal Jenis Plastik PET, Wajib Tahu Juga Kegunaannya 

Seperti dilansir laman Kyodo, perusahaan itu berencana mendaur ulang sampah plastik untuk membuat produk berbahan plastik, termasuk mainan Gundam dan pembangkit listrik tenaga panas. Mainan robot Gundam yang dikenal sebagai "Gunpla" atau gabungan dari "gundam plastic" adalah salah satu mainan populer di dunia, terjual lebih dari 700 juta set secara global pada Maret 2021.

Mainan Gundam. (Foto: Samueles/Pixabay)

Meski pasar luar negeri menyumbang sekira setengah penjualan robot Gundam dan kostumnya, perusahaan belum berencana menyediakan tempat pengumpulan sampah plastik untuk proyek daur ulang tersebut. Perusahaan itu mengoperasikan sebagian toko Gunpla di Korea Selatan, China, dan Taiwan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Mikroplastik dan Nanoplastik pada Organ Tubuh Manusia 

Menurut perkiraan perusahaan, sebanyak 2.000 ton limbah bingkai dihasilkan dari 7.000 ton plastik yang digunakan untuk membuat produk andalan Gunpla setiap tahunnya.

"Gunpla adalah produk yang disukai banyak orang, jadi kami membuat proyek daur ulang ini dengan keinginan menciptakan masyarakat berkelanjutan bersama penggemar," kata juru bicara perusahaan, seperti dikutip dari Antara, Senin (10/5/2021).

Serial animasi Gundam pertama kali populer saat tayang pada 1979. Tokoh ini melahirkan kesuksesan lain dalam bentuk sekuel, sempalan, film, komik, game video, dan mainan. Animasi itu mengisahkan robot raksasa Gundam alias "mobile suits" yang bertarung di Bumi dan luar angkasa.

Perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan sebagian dari sampah plastik yang dikumpulkan sebagai bahan uji untuk "daur ulang kimiawi", sebuah teknologi mutakhir yang memecah plastik menjadi bahan mentah sehingga plastik dengan kualitas yang sama dengan yang terbuat dari bahan bakar fosil dapat dibuat.

Baca juga: Bukan Plastik, Kantong Belanja Ini Terbuat dari Singkong 

Sebaliknya, proses daur ulang material konvensional cenderung menghasilkan plastik kehitaman dan rapuh.

Dengan target menjual mainan dari plastik daur ulang kimia pertama di dunia, pembuat mainan tersebut akan memulai demonstrasi tahun depan lewat kerja sama dengan perusahaan kimia PS Japan Corp.

Sebelumnya perusahaan telah menjual produk Gunpla berwarna kehitaman yang terbuat dari limbah plastik dari proses manufaktur di pabrik utamanya menggunakan pemrosesan ulang konvensional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini