Tidak Mudik, Ini Tips Aman dan Asyik Berlebaran di Rumah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 612 2408453 tidak-mudik-ini-tips-aman-dan-asyik-berlebaran-di-rumah-URuVrQL5Nq.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Kasus positif Covid-19 yang terus melonjak di Tanah Air membuat pemerintah menerapkan peniadaan mudik lebaran mulai dari 6 Mei – 16 Mei 2021. Tentunya peniadaan mudik ini dalam upaya untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 akibat mobilitas masyarakat yang pulang ke kampung halaman.

Sebagaimana diketahui, pada 22 April sampai 5 Mei 2021 syarat melakukan perjalanan diperketat. Sementara pada 18-24 Mei 2021 atau pasca lebaran, syarat perjalanan juga kembali diperketat. Surat keterangan hasil negatif PCR atau antigen yang berlaku 1x24 jam atau GeNose C-19 di bandara, pelabuhan, atau stasiun sebelum keberangkatan, diperlukan sebelum melakukan perjalanan.

Lebaran

Nah bagi Anda yang tidak bisa mudik lebaran pada 2021, jangan berkecil hati. Anda masih bisa melakukan beberapa kegiatan asik cukup dari rumah. Merangkum dari Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Senin (10/5/2021), berikut tipsnya.

1. Gunakan layanan internet dan streaming untuk menyiarkan pengumuman penting dan pelayanan keagamaan

2. Hindari makan di tempat umum.

3. Jika berbelanja, hindari pasar yang ramai dan selalu menjaga jarak.

4. Pastikan untuk tidak mencicipi makanan di pasar atau supermarket.

Baca Juga : Heboh Foto Amanda Manopo 'Hamil' Tersebar, Netizen Makin Happy

Mengunjungi keluarga adalah salah satu tradisi di bulan Ramadhan. Namun, selama pandemi, berkomunikasi cukup dilakukan dengan telepon dan bertukar pesan. Tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan, menjaga jarak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini