Kata Dokter: Kebanyakan Gula Bikin Telat Menstruasi

MNC Media, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 612 2408580 kata-dokter-kebanyakan-gula-bikin-telat-menstruasi-zfXi6nkn5o.jpg Podcast RCTI+

PODCAST Kata Dokter episode kali ini membahas seputar rutinitas bulanan perempuan yaitu haid. Dimulai dari penyebab keterlambatan haid, penyakit yang sekiranya diduga penyebab telatnya haid dan poin utamanya adalah kali ini membahas PCOS.

Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. Penderita PCOS mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon maskulin (hormon androgen) yang berlebihan.

Hormon androgen yang berlebih pada penderita PCOS dapat mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan. Akibatnya, sel telur tidak berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur.

Podcast

Gejala sindrom ovarium polikistik bisa timbul ketika seorang wanita mengalami haid pertama kali saat masa pubertas. Meski gejala PCOS sering muncul saat remaja, ada juga penderita PCOS yang baru mengalami gejalanya setelah dewasa atau saat periode tertentu, misalnya ketika mengalami kenaikan berat badan secara signifikan.

Kira-kira apa saja penyebab dari PCOS? buat kalian yang mau tahu yuk dengerin Podcast Kata Dokter sekarang juga hanya di Radio+ bagian dari RCTI+. Unduh segera aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini