Lakukan 4 Trik Ini ketika Memasak, Makanan Bakal Jadi Lebih Enak

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 298 2408904 lakukan-4-trik-ini-ketika-memasak-makanan-bakal-jadi-lebih-enak-KZ4xHaltI1.jpg Ilustrasi memasak. (Foto: Freepik)

MEMASAK merupakan keterampilan yang belum tentu dimiliki semua orang. Banyak gemar memasak tapi belum bisa menghasilkan makanan yang enak rasanya. Tapi tenang saja, ternyata ada trik tertentu ketika memasak yang dapat membuat makanan jadi lebih lezat.

Memasak sendiri pada dasarnya adalah memasukkan rasa dan aroma yang tepat ke sebuah hidangan. Menyiapkan makanan lezat memang membutuhkan banyak waktu. Kemudian sajiannya juga harus menarik di atas piring supaya bisa menggugah selera.

Nah, berikut ini empat trik sederhana ketika memasak yang bisa membuat makanan sehari-hari menjadi lebih enak, sebagaimana dilaporkan laman Times of India.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Lho 

1. Panaskan minyak dengan baik

Tunggu sampai minyak dalam wajan benar-benar panas sebelum menambahkan bumbu atau sayuran. Biasanya, suhu wajan turun saat Anda menambahkan sayuran ke dalamnya. Hal ini dapat mengganggu proses menumis. Hal yang perlu dilakukan adalah memanaskan minyak dengan baik dan tambahkan bahan yang diperlukan ke dalam wajan. Terlalu memanaskan wajan juga tidak disarankan karena akan membakar sayuran saat Anda memasukkannya. Ini juga dapat menyebabkan sayuran menempel di bagian bawah wajan. Oleh karena itu, memanaskan minyak dengan benar dalam wajan adalah langkah penting sebelum Anda mulai memasak.

Ilustrasi memasak. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Jangan memotong bawang putih dan jahe terlebih dahulu

Pastikan memotong jahe dan bawang putih tepat sebelum digunakan. Memotong jahe dan bawang putih terlebih dahulu biasanya menyebabkan hilangnya rasa dan aromanya yang berbeda. Hal lain yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat antara jahe dan bawang putih dalam makanan adalah membuang pasta yang sudah jadi karena tidak hanya sarat dengan pengawet tetapi juga tidak membawa rasa yang sama dengan yang baru dibuat.

3. Memakai produk musiman

Produk musiman tidak hanya segar tetapi juga menutupi kekurangan nutrisi tertentu dalam tubuh. Produk musiman lebih baik dibandingkan produk yang sudah dibekukan. Buah dan sayuran beku kurang nutrisi dan rasa. Sayuran khusus musim akan jauh lebih berair dan membuat rasa makanan Anda lebih enak.

Baca juga: 10 Manfaat Memasak Makanan Sendiri, Salah Satunya Lebih Sehat Lho 

4. Kembang kol sebagai pengganti krim

Ingin pengganti krim kental yang lebih sehat dengan rasa yang sama? Ganti ke kembang kol. Cukup kukus dan haluskan dengan kembang kol dan gunakan dalam hidangan berbahan dasar krim. Ini akan membuat hidangan lebih kental, lebih lembut tetapi tidak akan menambah kalori ekstra pada makanan Anda.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini