Biar Makin Istimewa, Bikin Rendang Sapi Lezat untuk Lebaran Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 298 2408993 biar-makin-istimewa-bikin-rendang-sapi-lezat-untuk-lebaran-yuk-5nkWQ3X3tU.jpg Rendang sapi (Foto: Inst Ancilladhian)

Di momen Hari Lebaran, biasanya orang-orang akan menyajikan berbagai makanan lezat dan beragam. Mulai dari camilan seperti nastar, hingga lauk pauk seperti rendang dan opor ayam.

Nah, makanan khas Minang berupa rendang ini biasanya menggunakan isian yang bervariasi, seperti daging, telur, dan ayam. Namun saat lebaran, biasanya orang lebih identik membuat rendang daging yang menggunakan daging sapi.

Buat Anda yang ingin menyantapnya di hari raya, berikut resep rendang sapi yang bisa diolah untuk disantap bersama keluarga.

 rendang

Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi, potong sesuai selera

- 1,5 liter santan dari 2 butir kelapa

- Secukupnya garam, merica bubuk, gula pasir, dan kaldu jamur

Bumbu halus:

- 10 buah cabai merah besar, rebus (untuk yang tidak suka pedas boleh dibuang biji cabainya)

- 10 butir bawang merah

- 6 siung bawang putih

- 1 ruas jahe

- 5 buah kemiri

Bahan pelengkap:

- 2 lembar daun salam

- 1/2 lembar daun kunyit

- 4 lembar daun jeruk

- 2 batang serai, geprek

- 2 ruas lengkuas, geprek

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahan, masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, serai, lengkuas dan santan, aduk hingga santan mendidih.

2. Masukkan daging dan aduk kembali hingga mendidih, lalu beri garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu jamur, aduk rata kembali serta tutup daging dan masak dengan api kecil.

3. Sesekali buka dan aduk rata, koreksi rasa, masak hingga air menyusut dan daging empuk. Sajikan bersama ketupat atau nasi hangat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini