Kumpulan Makanan Pereda Stres, Ada Pisang hingga Kacang

Iman Firmansyah, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 23:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 298 2409261 kumpulan-makanan-pereda-stres-ada-pisang-hingga-kacang-JAqohsZmun.jpg Ilustrasi makanan sehat pereda stres. (Foto: Freepik)

STRES adalah gangguan kesehatan yang dirasakan semua orang. Stres biasanya disebabkan aktivitas yang sangat sibuk atau adanya tekanan. Stres dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama fungsi sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan saraf.

Tapi ternyata ada sejumlah cara sederhana meredakan stres, yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu. Penganan yang dimakan dapat berpengaruh dalam menurunkan tingkat stres. Sebab ketika stres, tubuh sangat membutuhkan nutrisi tertentu seperti vitamin B, vitamin C, magnesium, dan selenium.

Baca juga: 4 Cara Mudah Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19 

Lalu jumlah nutrisi yang dikonsumsi juga dapat berdampak besar pada saraf tubuh pengendali motivasi, emosi, dan suasana hati. Jadi mulai sekarang pilihlah makanan bergizi dan alami, karena dapat membantu menghilangkan stres serta menenangkan hati.

Ini dia deretan makanan yang bisa meredakan stres, seperti dilaporkan laman Boldsky.

1. Alpukat

Buah alpukat memiliki kemampuan menurunkan tingkat stres karena kaya akan kandungan asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin A, dan nutrisi penting lainnya. Asam lemak omega 3 berfungsi meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, depresi, serta kecemasan.

Alpukat. (Foto: Jcomp/Freepik)

2. Cokelat hitam

Berdasarkan sebuah penelitian, cokelat hitam adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Penganan ini memiliki kandungan seperti polifenol dan flavanol yang membantu meningkatkan suasana hati.

3. Kacang

Kacang mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B, magnesium, dan lemak sehat sehingga dapat membantu mengurangi tingkat stres serta kecemasan.

Baca juga: Cegah Anak Alami Stres Selama Pandemi, Ajak Baca Buku Yuk! 

4. Ikan berlemak

Anda bisa mengonsumsi ikan berlemak secara teratur seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna karena kaya asam lemak omega 3, vitamin B6, dan vitamin B12 yang dikenal dapat menurunkan kadar kortisol serta mengalahkan stres.

5. Pisang

Adanya kandungan vitamin B, magnesium, dan mangan dalam pisang diyakini dapat meningkatkan mood serta menurunkan stres atau kelelahan.

6. Oatmeal

Sarapan dengan oatmeal mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi karena termasuk makanan yang dapat menenangkan dan mengatur hormon stres serotonin.

Baca juga: Tips Dokter Reisa Atasi Jenuh karena Meeting Online 

7. Telur

Telur memiliki kandungan protein, kolin, asam lemak omega 3, vitamin B yang dapat meningkatkan suasana hati dengan menghilangkan stres dan kecemasan.

8. Susu

Produk olahan susu seperti yoghurt, susu, dan keju merupakan sumber probiotik yang baik, karena membuat usus sehat dan melindunginya terhadap bakteri berbahaya, sehingga dapat meningkatkan pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini