Selain Enak Dikonsumsi, Madu Juga Bisa Obati Jerawat di Wajah

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 481 2409112 selain-enak-dikonsumsi-madu-juga-bisa-obati-jerawat-di-wajah-YPgDcPqxrY.jpg Ilustrasi madu. (Foto: Freepik)

KULIT wajah cerah dan sehat adalah idaman semua orang. Ini ternyata bisa didapat dari penggunaan madu. Ya, madu bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah dan kesehatan lainnya.

Madu memang terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Sebab, madu mengandung banyak mineral dan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan, termasuk kulit.

Anda juga bisa menjadikan madu sebagai masker wajah dengan mengoleskannya ke kulit. Tunggu 30 menit dan bersihkan dengan air.

Lantas, apa saja khasiat madu untuk kesehatan kulit, terutama kulit wajah? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari Healthline.

Baca juga: 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Cocok untuk Buka Puasa 

1. Menghilangkan bekas luka

Jika Anda mempunyai bekas luka di wajah, madu alami bisa membantu menghilangkannya. Anda dapat menggunakan madu sebagai perawatan noda pada bekas luka dengan mengoleskannya setiap hari atau menjadikannya masker.

Tetapi perlu diingat bahwa apa penyembuhan madu untuk bekas luka itu terbatas, dan masih terus membutuhkan penelitian. Bahkan ada pula penelitian yang menemukan bahwa madu kemungkinan tidak baik untuk jaringan parut yang disebabkan oleh luka bakar dan luka dalam.

Madu. (Foto: Freepik)

2. Atasi jerawat hingga eksim

Madu dapat digunakan untuk kondisi kulit yang kronis seperti jerawat, psoriasis, hingga eksim. Namun ingat, hal penting adalah menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Cara menggunakan madu untuk wajah dengan mencampurnya bersama bahan lain untuk membuat perawatan masker wajah yang menenangkan. Misalnya, madu mentah dan bubuk kayu manis sebagai kombinasi antioksidan dan antimikroba.

Baca juga: Benarkah Madu Tidak Akan Basi? 

3. Mencerahkan kulit

Manfaat berikutnya adalah masker madu bisa mencerahkan kulit. Sebab, madu rupanya memiliki khasiat pengelupasan, sehingga menggunakannya di wajah bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam.

Cara menggunakannya, setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke wajah Anda. Biarkan madu di kulit Anda selama beberapa menit sebelum dibilas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini