Menyiapkan Kuliner di Hari Raya Idul Fitri, Baca News RCTI+

MNC Media, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 612 2408981 menyiapkan-kuliner-di-hari-raya-idul-fitri-baca-news-rcti-wcI51LADtE.jpg Kuliner di RCTI+

DALAM khazanah masyarakat Indonesia, menyambut Idul Fitri tidak lengkap rasanya bila tidak ada kuliner special yang menyertainya. Ada sejumlah makanan khas yang "harus tersaji" di Hari Lebaran. News RCTI+ banyak mengupas berbagai jenis kuliner yang cocok untuk menemani umat Muslim dalam merayakan Idul Fitri.

Ada banyak rekomendasi makanan yang bisa dihadirkan menyambut hari kemenangan tersebut. Setelah sebulan penuh berpuasa, masyarakat Islam ingin merayakan kemenangan menaklukkan hawa nafsu dengan makanan yang penuh membawa selera. Tentu saja masyarakat Indonesia yang terdiri dari banyak suku dan adat istiadat juga memiliki beragam budaya kuliner masing masing daerah.

Ya, Indonesia memang sangat kaya dengan ragam kuliner nusantara. Banyak jenis kuliner tersebut bisa disajikan di hari raya Idul Fitri.

Sehingga sudah menjadi kebiasaan banyak keluarga sibuk di dapur beberapa hari menjelang Lebaran. Mereka menyiapkan berbagai makanan untuk disuguhkan ke tetangga, saudara hingga teman yang datang bersilaturahmi. Tidak jarang juga, sesama keluarga, teman dan tetangga saling mengantarkan makanan.

Momen silaturahmi pasca salat Idul Fitri memang sudah menjadi budaya yang sakral. Yang menarik, tradisi silaturahmi umat Muslim ini hanya ada di Indonesia. Di Arab Saudi, dimana agama Islam pertama kali disebarkan pun tidak ada acara seperti itu. Begitu selesai salat Idul Fitri, mereka kembali beraktifitas seperti biasa.

Sangat berbeda yang terjadi di Indonesia dengan budaya silaturahminya. Tak heran jika Idul Fitri juga sangat identik dengan mudik. Ketika keluarga berkumpul, kuliner sangat penting untuk menghidupkan suasana.

Sayangnya sudah 2 tahun ini, pemerintah melarang mudik. Namun larangan mudik bukan berarti masyarakat tidak menyiapkan kuliner untuk lebaran. Tradisi kuliner di hari Idul Fitri tetap saja menghiasi setiap rumah kaum muslim. Kehadiran kuliner ini bisa dikatakan sebagai salah satu simbol kebahagiaan dan kemenangan dalam menyambut hari Lebaran. Masyarakat ingin merayakan dengan makanan yang spesial setelah sebulan penuh berpuasa.

Podcast

Ada banyak berita tentang kuliner hari Lebaran yang bisa dibaca di kanal Gaya Hidup di News RCTI+. Salah satunya adalah rekomendasi makanan yang cocok untuk dihadirkan di hari Idul Fitri. Banyak makanan special yang biasa tersaji mulai opor ayam, sambal goreng ati, rendang, sambal goreng krecek, sayur godong pepaya, ketupat, serundeng daging, gulai ayam pedas, lontong sayur, hingga krupuk udang.

Tidak lupa menyiapkan acar ketimun untuk menetralisir makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol. Makanan makanan diatas biasanya ada di meja makan setiap keluarga muslim di hari Idul Fitri.

Mereka memasaknya dengan konvensional, ada juga yang mengemasnya dengan berbagai cita rasa kekinian. Selain itu, masih ada banyak kuliner lain sebagai pemanis yang kerap banyak ditemui di hari lebaran. Sebut saja kue lebaran mulai kue nastar, kastengel, kacang bawang, kacang mede, lidah kucing, kolang kaling, kue kacang, sagu keju, putri salju, juga pie susu.

Di daerah-daerah ada juga banyak kuliner khas yang muncul saat lebaran. Misalnya kue kembang goyang, rengginang, tape uli, madu mongso, kue semprong, dodol jenang, manisan buah, dan masih banyak lagi.

Selain rekomendasi makanan, News RCTI+ juga menyajikan resep untuk membuat kuliner lebaran yang lezat. Misalnya, ada berita berjudul: Resep Opor Ayam Kuning, Lebaran di Rumah Aja Jadi Terasa Nikmat. Resep yang disajikan lengkap beserta cara untuk memasaknya.

Tips-tips memasak juga banyak tersaji di News RCTI+ seperti berita berjudul: Kiat Memasak Ketupat Mudah, Lembut dan Tak Cepat Basi untuk Pemula. Tips ini bisa dipraktikkan di rumah karena penjelasannya detail dan lengkap.

Co-Managing Director RCTI+, Valencia Tanoesoedibjo mengatakan berita-berita kuliner banyak tersaji di News RCTI+ termasuk juga ketika menjelang Lebaran. Hal ini sangat bermanfaat sebagai guidance dan rekomendasi bagi keluarga untuk menghadirkan suasana lebaran yang penuh kehangatan di rumah.

Apalagi di era pandemi ini, pemerintah mengharapkan agar masyarakat merayakannya di rumah masing-masing. Sehingga keberadaan kuliner yang lezat bisa menjadi salah satu faktor untuk mengisi momentum Hari Raya Idul Fitri dengan penuh makna bersama keluarga.

"Kami berharap berita-berita kuliner yang disajikan di RCTI+ bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam memasak. Berita kuliner termasuk favorit pembaca"’ ungkap Valencia.

Sebagai news aggregator, berita-berita di News RCTI+ berasal dari para publisher yang kompeten dan kredibel. Sejauh ini sudah ada 66 publisher dari berbagai genre yang sudah bekerja sama dengan News RCTI+. Sebanyak 66 publisher menyuplai berita 7.500 hingga 9.000 setiap hari ke News RCTI+ dalam berbagai isu di segala bidang.

Ribuan berita tersebut ditampung dalam 14 kategori atau kanal. Yaitu, Berita Utama, Terkini, Populer, Otomotif, Travel, Ekonomi, Gaya Hidup, Muslim, Seleb, Teknologi, Olahraga, Global, Nasional, dan Infografis.

News menjadi satu bagian penting dari lima pilar yang ada di RCTI+. Selain news, empat pilar lainnya adalah video, audio, home of talent (HOT), dan games.

Sehingga jika sudah cukup dengan informasi berita di News RCTI+, para pembaca juga bisa langsung melanjutkan petualangannya dengan menonton original series dan original movies, mendengarkan radio, bermain games hingga menonton bakat-bakat para seniman di home of talent (HOT). Banyak hiburan dan juga pengetahuan penting dan mengasyikkan tersaji sangat lengkap di RCTI+.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini