Google Doodle Tampilkan Sosok Go Tik Swan, Pelopor Batik Asal Solo

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 612 2409117 google-doodle-tampilkan-sosok-go-tik-swan-pelopor-batik-asal-solo-INnjPCv0qk.png Google Doodle 90 tahun Go Tik Swan. (Foto: Google)

ADA yang berbeda dengan tampilan halaman utama pencarian Google Doodle hari ini. Google menampilkan sosok KRT Hardjonagoro alias Go Tik Swan, budayawan sekaligus pelopor batik asal Solo, Jawa Tengah.

Google Doodle ditampilkan untuk memperingati hari ulang tahun ke-90 KRT Hardjonagoro yang jatuh pada hari ini, 11 Mei 2021.

Baca juga: Cegah Covid-19, Google Doodle Ajak Terus Pakai Masker dan Menjaga Jarak 

Jika membuka halaman utama Google, terlihat gambar seorang pria mengenakan pakaian tradisional Jawa lengkap dengan blangkon. Ia membentangkan gulungan kain batik berwarna hitam dan coklat di sampingnya.

Saat dilihat dengan saksama, corak di kain batik tersebut menampilkan tulisan "Google".

Google Doodle 90 tahun Go Tik Swan. (Foto: Google)

Go Tik Swan sendiri tercatat lahir pada 11 Mei 1931 di Kota Solo, Jawa Tengah. Ia tumbuh besar dengan mengunjungi bengkel batik milik kakeknya. Dia mendapatkan pengetahuan budaya Jawa dari perajin lokal.

Tertarik dengan kebudayaan Jawa, Go Tik Swan pun mendalaminya dengan masuk Jurusan Sastra Jawa di Universitas Indonesia.

Baca juga: Hari Bumi, Google Doodle Ajak Jaga Kelestarian Alam dengan Tanam Pohon 

Ia juga pernah belajar tarian Jawa dan dalam salah satu pameran tari, presiden Indonesia mengetahui latar belakang keluarga Swan dalam pembuatan batik.

Kemudian dia ditugaskan membuat gaya batik baru yang diyakini dapat mengatasi perpecahan dan mempersatukan bangsa Indonesia.

Pada 1950-an, Go Tik Swan memenuhi permintaan presiden dengan memadukan teknik batik daerah untuk memperkenalkan "Batik Indonesia".

Ia sangat menekuni setiap batik yang dibuatnya dan menganggap setiap helai batik memiliki makna filosofis. Tidak hanya terampil dalam membatik, Go Tik Swan juga seorang ahli keris dan pemain gamelan yang terampil.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Ingatkan Bermasker Ganda dan Jaga Jarak Cegah Covid-19 

Pengabdiannya terhadap budaya Jawa membuatnya mendapat gelar Panembahan Hardjonegoro dari Kesultanan Surakarta.

"Selamat ulang tahun, Go Tik Swan," ungkap Google.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini