Kena Covid-19 Setelah Vaksin Pertama, Berapa Lama Harus Menunggu Suntikan Kedua?

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 612 2409138 kena-covid-19-setelah-vaksin-pertama-berapa-lama-harus-menunggu-suntikan-kedua-rF08dSmUTx.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

VAKSIN Covid-19 memang membutuhkan waktu agar bisa efektif menangkal virus corona. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan jarak antara satu vaksin dengan lainnya 28 hari.

Suntikkan kedua ini pun diperlukan, karena bersifat booster atau memperkuat antibodi yang sudah diberikan pada dosis pertama. Tapi, apa jadinya jika kita terkena Covid-19 saat jeda suntikan tersebut?

Dewan Riset Medis India (ICMR) menyatakan bahwa itu bisa saja terjadi, meskipun mungkin hanya 0,05 persen. Tapi, sekalipun terinfeksi setelah dosis vaksin pertama, Anda tetap harus mengambil suntikan yang kedua.

Namun, Kementerian Kesehatan India menyebut dosis kedua vaksin harus ditunda setidaknya empat hingga delapan minggu setelah pemulihan. Melansir indianexpress, pemberian vaksin kedua harus ditunda jika mengalami beberapa gejala berikut:

1. Memiliki gejala aktif infeksi Covid-19

2. Pasien yang pernah menjadi antibodi Covid-19 atau plasma pemulihan monoklonal

3. Pasien yang benar-benar tidak sehat dan rawat inap di rumah sakit, dengan atau tanpa perawatan intensif, yang menderita penyakit lain.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), pasien Covid-19 dapat menerima dosis vaksin kedua setelah mereka memenuhi kriteria untuk melakukan isolasi di rumah.

CDC juga mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi cara kerja vaksin di lapangan, termasuk inang, varian mutan, dan program faktor seperti mengikuti jadwal pemberian dosis atau penyimpanan dan penanganan vaksin dengan benar.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini