7 Protokol Kesehatan di Tempat Wisata, Ingat Pesan Tiket Sebelum Berangkat!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 612 2409179 7-protokol-kesehatan-di-tempat-wisata-ingat-pesan-tiket-sebelum-berangkat-3TFX7JAe9c.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH memang meminta masyarakat untuk tidak melakukan mudik pada Lebaran kali ini. Meski demikian, bepergian ke tempat-tempat wisata memang tidak dilarang.

Nah, di Jakarta sendiri, memiliki destinasi wisata salah satunya adalah Taman Impian Jaya Ancol. Ancol memang menjadi tempat favorit untuk berwisata bersama keluarga.

Meski demikian, kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi. Lantas, apa saja hal-hal yang wajib diperhatikan oleh para pengunjung?

 

Pesan tiket lebih awal

Lakukan reservasi dan pembelian tiket secara online, lewat laman situs resmi Ancol. Mengingat, pihak pengelola membatasi kuota pengunjung hanya 30 persen per hari. Maka jika kuota sudah terpenuhi calon pengunjung dapat melakukan pembelian tiket di hari lainnya.

Screening kesehatan

Sebelum rekreasi ke Ancol, calon pengunjung wajib memastikan kondisi kesehatannya dan mengisi self assessment yang terdapat dalam sistem tiket online.

Saat berekreasi semua pengunjung, wajib menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta memastikan kondisi tangan tetap bersih dengan menggunakan cairan hand sanitizer dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang banyak disediakan di beberapa titik oleh pengelola.

Cek suhu di pintu gerbang

Semua pengunjung yang datang, wajjb diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas yang ditempatkan sejak di pintu gerbang. Batas toleransi maksimal suhu tubuh adalah 37,3 derajat celsius.

Transaksi non-tunai

Pihak pengelola mengimbau para pengunjung, sebisa mungkin tak melakukan transaksi dengan menggunakan uang tunai, melainkan melakukan transaksi memakai kartu debit di mesin EDC yang telah disediakan di toko merchandise dan restoran yang tersebar di kawasan Ancol.

Bawa peralatan makan dan ibadah sendiri

Di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol dilengkapi dengan berbagai stall makanan. Untuk makan dan minum pengunjung harus tetap membawa peralatan makan dan minum pribadi. Selain itu, meski sarana ibadah seperti musholla tersedia di beberapa titik strategis. Tapi para pengunjung wajib membawa perlengkapan ibadah salat seperti mukena dan sajadah pribadi dari rumah.

Tak langgar prokes

Jangan sekali-kali nekat melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Di seluruh kawasan Taman Impian Jaya Ancol dilengkapi dengan Tim Satgas Covid 19 Ancol, Satpol PP, TNI dan Kepolisian yang akan melakukan patroli ke seluruh kawasan untuk melakukan himbauan dan edukasi secara langsung kepada pengunjung.

Jika terbukti ada pengunjung yang nekat melanggar, maka tim keamanan tak segan untuk memberikan sanksi sosial kepada pelanggar.


Perhatikan jam operasional

Untuk menghindari kerumunan dengan pengunjung lainnya, pilihlah jam berkunjung yang bukan di jam peak hours. Seperti siaran media Taman Impian Jaya Ancol yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (11/5/2022), berikut jam operasional yang telah ditetapkan sesuai per lokasi untuk periode 13 hingga 23 Mei 2021.

Pintu Gerbang Ancol, pukul 06.00 – 20.00 WIB

Kawasan Taman & Pantai, pukul 06.00 – 21.00 WIB

Kawasan Allianz Ecopark, pukul 07.00 – 17.00 WIB

Dunia Fantasi, pukul 10.00 – 17.00 WIB

Ocean Dream Samudra, pukul 09.00 – 17.00 WIB

Sea World Ancol, pukul 09.00 – 17.00 WIB

Atlantis Water Adventures, pukul 08.00 – 16.30 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini