Jubir Vaksinasi Sebut Kedaluwarsa Vaksin AstraZeneca Sampai Juni

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 612 2409210 jubir-vaksinasi-sebut-kedaluwarsa-vaksin-astrazeneca-sampai-juni-BN0a3R4Kza.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

SEORANG pemuda asal Jakarta, Trio Fauqi Virdaus dilaporkan meninggal dunia usai divaksinasi. Adapun vaksin yang dia gunakan adalah vaksin AstraZeneca buatan Inggris.

Hal ini tentu mengkhawatirkan, sebab vaksin asal Inggris ini memang menuai sejumlah kontroversi sejak beberapa bulan terakhir. Salah satu kabar miring terkait dengan vaksin AstraZeneca adalah potensi terjadinya pembekuan darah.

Selain itu vaksin buatan Oxford ini juga dinilai memiliki masa expired yang sangat singkat, bahkan sejumlah vaksin AstraZeneca yang didatangkan akan kadaluwarsa pada Mei 2021. Lantas apakah peristiwa kematian Trio beberapa waktu lalu terkait dengan masa kadaluwarsa vaksin AstraZeneca?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara masa kadaluwarsa vaksin AstraZeneca dengan kematian Trio yang meninggal dunia satu hari usai divaksin .

“Enggak kok, yang saat ini disuntikan (Vaksin AstraZeneca) itu ed (Expired Date) masih Juni 2021,” terang dr. Siti, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (11/5/2021).

Meski ia menjamin bahwa vaksin AstraZeneca yang diberikan masih aman untuk digunakan, namun dr. Siti enggan berkomentar lebih banyak terkait dengan kasus kematian Trio usai di vaksin. Ia menilai bahwa insiden ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut. “(Kasus) ini sudah dikaji secara scientific oleh para ahlinya,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini