Waspada Keracunan Makanan saat Lebaran, Ini Penyebab Utamanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 298 2409487 waspada-keracunan-makanan-saat-lebaran-ini-penyebab-utamanya-svEzytP5v9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARI Raya Lebaran ini mungkin kita rayakan hanya bersama keluarga kecil di rumah, lantaran adanya larang untuk mudik. Tapi, dengan penjual makanan dan lainnya yang sudah lebih dulu pulang kampung, maka akan sulit bagi kita menemukan makanan yang bisa disantap.

Biasanya, kita pun memiilh solusi makanan instan atau mungkin menimbun makanan yang bisa bertahan cukup lama di kulkas. Tapi, menimbun makanan di kulkas juga bisa mendatangkan bahaya tersendiri loh.

Akademisi dan Praktis klinis, Ari Fahrial Syam, mengatakan dalam situasi stay at home, sebagian masyarakat akan cenderung menyimpan makanan sebanyak-banyaknya di kulkas.

"Selain itu juga ada kecenderungan untukmeletakan  makanan di meja makan atau pada suhu kamar dalam waktu yang lama. Sehingga pada saat dikomsumsi selanjutnya, luput untuk dipanaskan kembali," kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Kulkas

Karenanya, pada saat menyimpan makanan, harus tetap diperhatikan makanan yang matang jangan berdekatan dengan makanan yang mentah, sehingga makanan yang matang tidak terkonsumsi dengan  bakteri yang kebetulan hidup pada makanan yang mentah tersebut. "Makanan yang terlalu lama disuhu kamar juga cenderung mengalami kontaminasi," jelas dia.

Menurutnya, yang menjadi masalah kadang kala tidak semua kuman yang mencemari makanan tersebut menyebabkan perubahan bau dan bentuk dari makanan tersebut. Oleh karena itu proses pemanasan makanan tersebut baik secara langsung atau melalui microwave harus tetap dilakukan pada saat makanan tersebut dikonsumsi kembali.

"Sehingga kejadian keracunan makanan yang kerap terjadi selama seputar lebaran tidak terjadi," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini