4 Kuliner Lebaran Khas Yogyakarta yang Lezat di Lidah

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 298 2409491 4-kuliner-lebaran-khas-yogyakarta-yang-lezat-di-lidah-usGXeZsqM2.jpg Opor ayam (Foto: Inst Resep olah makanan)

Tiap daerah di Indonesia rata-rata memiliki ragam kuliner Lebaran khas masing-masing. Baik itu makanan ringan untuk kudapan, jajanan, hingga makanan berat.

Tak hanya variannya yang beragam, tapi biasanya makanan khas daerah ini punya waktu khusus untuk muncul. Contohnya untuk perayaan hari raya keagamaan, seperti Lebaran. Nah, menghimpun berbagai sumber, Rabu (12/5/2021) kali ini akan kita bahas singkat empat menu sajian saat Lebaran khas dari Yogyakarta dan Jawa Tengah secara umum, yuk simak paparan di bawah ini.

 opor

1. Opor ayam Jawa

Tak berbeda di Jakarta, sajian opor ayam ternyata juga jadi salah satu hidangan wajib yang harus ada ketika Lebaran di Yogyakarta. Namun bedanya, opor ayam yang dihidangkan di sini adalah opor ayam khas Jawa Tengah yang terkenal dengan tekstur dan konsistensi santannya yang kental, sehingga rasanya jadi lebih gurih.

2. Ketupat Glabed

Jadi olahan menu ketupat yang terkenal di Jawa Tengah. Meski secara bahan utama, ketupat glabed ini sama dengan ketupat umumnya, yakni memakai beras. Tapi ketupat glabed ini dimakan bersama kuah kuning kental yang biasa disebut “ngglabed”. Kreasi ketupat satu ini, sangat cocok dipasangkan bersama sate ayam, sate kerang, tempe goreng, kerupuk dan sambal pedas.

 

3. Serundeng sapi

Jika di beberapa daerah lain serundeng biasanya dibuat dari parutan kelapa. Beda dengan serundeng khas Jawa, karena dibuat dari daging sapi.

4. Lepet

Salah satu kudapan khas Jawa Tengah yang populer ini dibuat dari ketan yang dibungkus dengan daun kelapa kemudian dikukus. Menghadirkan rasa gurih yang nikmat, tak heran lepet disajikan pada saat Lebaran sebagai hidangan kudapan khas.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini