Janin Kecil? Dokter Kandungan Bocorkan Solusinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 481 2409431 janin-kecil-dokter-kandungan-bocorkan-solusinya-MP5LgkSuaz.jpg Setiap ibu ingin janin dan bayi yang sehat (Foto: First Cry Parenting)

Pertumbuhan janin di dalam kandungan cukup bergantung dari apa yang dikonsumsi si ibu. Semakin baik nutrisi yang dikonsumsi, maka semakin ideal pertumbuhan janinnya.

Tapi, perlu digarisbawahi juga bahwa keadaan janin kecil yang bisa terjadi selama proses kehamilan itu harus dievalusi masalahnya. Sebab, bukan hanya karena asupan ibu selama hamil penyebabnya.

Aurel Hermansyah mendapati fakta bahwa janin yang dia kandung selama 5 minggu dinilai kecil oleh dokternya. Fakta tersebut bikin dia gusar dan sangat sedih.

 Aurel

Di sisi lain, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Nina Martini Somad, SpOG, mengatakan, wajar sekali janin dinilai kecil oleh dokter karena usia kehamilan Aurel masih 5 minggu. Di mana di usia tersebut janin belum terlihat dengan jelas.

Dokter Nina pun coba menjelaskan beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan janin ke ukuran normalnya sesuai dengan 'chart' pertumbuhan janin.

"Saran pertama adalah memastikan apa yang dikonsumsi si ibu adalah makanan dan minuman yang berkualitas, artinya gizi dan nutrisinya cukup karena ini akan memengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan," terangnya, Rabu (12/5/2021).

Selain itu, saran lain yang coba diberikan dr Nina untuk para ibu yang mengetahui kondisi janinnya berukuran kecil adalah memastikan apakah ada masalah di utero plasentanya atau tidak.

"Jika ada gangguan sirkulasi utero plasenta, maka harus diobati penyakit penyerta yang ada dan diberi beberapa obat-obatan. Ini tentu sesuai dengan hasil evaluasi dokter kandungan, jangan mendiagnosis sendiri," tambah dr Nina.

"Kami ingatkan kepada para ibu dengan janin kecil, jangan kalian panik. Tanyakan dengan tuntas kepada dokter yang memeriksa, apa masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya. Masalah janin kecil ini ada solusinya," imbuhnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini