Menkes Sebut 8 Wilayah Masih Catatkan Kenaikan Positif Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 612 2409474 menkes-sebut-8-wilayah-masih-catatkan-kenaikan-positif-covid-19-7gtGe8Wv6y.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KASUS positif Covid-19 memang mulai mengalami penurunan, apalagi setelah vaksinasi terus digencarkan dan protokol kesehatan diperketat. Meski begitu, bukan berarti kita bisa sembarang dan abai dalam menerapkan prokes.

Jika tidak, bukan tidak mungkin apa yang terjadi di India bisa terjadi di Indonesia. Apalagi, belum semua daerah menunjukkan perkembangan positif, ada beberapa daerah yang masih mengalami kenaikan jumlah kasus positif Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terus melakukan monitoring terhadap kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19 di seluruh daerah. Terutama, daerah yang mengalami kenaikan kasus signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Menkes meminta kepada seluruh kepala daerah untuk turut melakukan langkah antisipasi sekaligus pencegahan agar tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19 yang tinggi pasca libur panjang lebaran.

Adapun 8 daerah yang mengindikasikan peningkatan keterisian ruang perawatan dan ruang ICU khusus Covid-19 di antaranya Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Lampung dan Nusa Tenggara Timur.

“Beberapa provinsi jauh lebih tinggi kasusnya, ini yang harus menjadi perhatian kami Pemerintah Pusat dan harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah. Kepada Gubernur, Bupati dan Walikota tolong ini dijaga,” kata Menkes.

Selain itu, Kemenkes juga mempersiapkan ketersediaan tempat tidur RS secara nasional. Hal ini dilakukan untuk mengatisipasi lonjakan pasien Covid-19 setelah Hari Raya Lebaran.

Di samping aktif melakukan pendataan kapasitas RS, Kemenkes saat ini juga berupaya keras untuk menjaga ketersediaan obat-obatan serta oksigen di seluruh tanah air agar tidak terjadi kekosongan.

Kalaupun ada kekurangan, pihaknya mengimbau kepada daerah untuk dapat menyampaikannya ke Kemenkes agar bisa segera diupayakan untuk dipenuhi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini