Kemenkes Uji Efektivitas Vaksin Covid-19 di Jakarta dan Bali

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 612 2409602 kemenkes-uji-efektivitas-vaksin-covid-19-di-jakarta-dan-bali-vto5bYXfYj.jpg Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

LITBANGKES Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus melakukan kajian akan vaksin Covid-19 yang sudah datang ke Indonesia. Apalagi, ada beberapa varian baru yang diyakini lebih cepat menyebar.

Pandji Dewantara selaku ketua tim peneliti Litbangkes menyebutkan, sepanjang tahun 2021 ini, ada beberapa topik penelitian terkait pasca vaksinasi yang sedang dikerjakan oleh Litbangkes. Mulai dari kajian tengan durasi proteksi vaksin hingga menyangkut soal manajemen pelaksanaan program vaksinasi itu sendiri.

“Lalu tipe antibodi dalam kelompok individu yang belum dan yang sudah divaksin. Selain itu juga terkait dengan manajemen vaksinasi, soal logistik, distribusi vaksin dan faktor apa saja yang jadi tantangan di lapangan,” ujar Pandji, dalam gelaran konferensi pers daring Efektivitas Vaksin Sinovac terhadap Tenaga Kesehatan, Rabu (12/5/2021).

Hasil studi sederet kajian pasca vaksinasi tersebut, ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun 2021.“Harapannya sih hasil sementara atau hasil finalnya sudah bisa kita beri tahu ke media secepat mungkin di akhir tahun ini atau awal tahun 2022 sudah kita dapatkan hasilnya,” katanya.

Selain itu, Pandji menambahkan Litbangkes di tahun ini juga akan melakukan studi kajian terkait soal efektivitas vaksinasi terhadap laju transmisi Covid-19 di beberapa daerah.

“Saat ini dilakukan di dua Provinsi, DKI Jakarta dan Bali yang diketuai oleh Ibu Ririn dari Badan Litbangkes. Saat ini juga masih dalam proses kajian-kajian yang lain yang disebutkan tadi di atas,” imbuhnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini