WHO Sebut Mutasi Virus India Masalah Global Terbaru

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 612 2409624 who-sebut-mutasi-virus-india-masalah-global-terbaru-2sfVubwx0G.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KONDISI kesehatan di India memang tengah porak poranda. Ledakan kasus Covid-19 di negara tersebut membuat banyak orang meninggal, lantaran tidak mendapatkan penanganan medis karena rumah sakit yang sudah penuh.

Hal ini tidak terlepas dari mutasi virus Covid-19 yang lebih mudah untuk menular. Bshkan, Badan Kesehatan Dunia, WHO pun akhirnya memberikan perhatian khusus terkait varian mutasi virus asal India B.1.617.  

Mengutip Reuters, WHO menyebutkan bahwa strain varian virus yang yang pertama kali diidentifikasi di negara itu, B.1.617 pada Oktober 2020, sedang diklasifikasikan sebagai varian yang menjadi perhatian global. Penelitian menunjukkan bahwa virus tipe ini penyebarannya lebih mudah dibandingkan dengan virus corona asli penyebab infeksi Covid-19.

Para ilmuwan pun khawatir bahwa varian B.1.617 telah memicu wabah yang melonjak di India. Varian atau strain baru ini diketahui sebagai varian virus yang keempat yang menjadi perhatian global, setelah varian pertama kali terdeteksi di Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil.

Varian B.1.617 ini juga membuat para otoritas kesehatan menjadi cemas, mengingat strain itu menggabungkan beberapa mutasi pada protein, yang dapat membantu virus menghindari sistem kekebalan tubuh manusia.

WHO sendiri mengatakan, pihak mereka masih membutuhkan lebih banyak paparan data terkait strain virus varian B.1.617. Meskipun, sudah ada beberapa informasi yang ada untuk menunjukkan beberapa peningkatan penularan B.1.617. 

"Ada peningkatan penularan yang ditunjukkan oleh beberapa studi pendahuluan, kami membutuhkan lebih banyak informasi tentang varian virus ini dan garis keturunannya dan semua sub-garis keturunan,” kata Maria Van Kerkhove, kepala teknis tanggapan virus corona WHO, pada jumpa pers baru-baru ini.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini