Hidangan Lebaran, Masak Semur Daging yang Empuk dan Lezat Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 298 2409778 hidangan-lebaran-masak-semur-daging-yang-empuk-dan-lezat-yuk-ragX5klVIv.jpg Semur daging (Foto: Inst Lisna Lisnawati71)

Selain rendang, semur daging juga merupakan salah satu makanan yang sering dijumpai ketika Lebaran. Semur daging ini seringkali disantap bersama ketupat dan sayurnya ketika Idul Fitri tiba.

Akan tetapi, memasak semur sendiri bisa dibilang susah-susah gampang. Jika cara pengolahannya tidak tepat, bisa-bisa daging akan terasa keras.

 semur daging

Nah, supaya daging empuk, ada sebuah metode yang bisa Anda gunakan ketika Anda mengolah semur daging sapi. Mengutip akun Youtube Indoculinaire Hunter, Anda bisa menggunakan metode 5.30.7.

Artinya, Anda bisa memasak selama 5 menit, kemudian didiamkan selama 30 menit,dan kemudian dimasak lagi selama 7 menit. Cara ini terbilang efektif karena dapar menghemat bahan bakar gas. Nah, dari pada penasaran, yuk simak bahan-bahannya serta cara membuatnya.

Bahan-bahan:

- Daging sapi has dalam 1 kg

- Kentang goreng 200 gram

- Bawang merah jumbo 6 siung

- Bawang putih jumbo 9 siung (4 dihaluskan, 5 diiris tipis)

- Jahe 2 cm

- Merica/lada bubuk 1/2 sendok makan

- Bunga lawang/pekak 1 buah

- Pala 1/4 bagian

- Kayu manis 4 cm

- Cengkeh 5 buah

- Tomat 1 buah

- Gula merah 1 cm

- Garam secukupnya

- Kecap manis secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

- Air secukupnya

- Goreng bawang secukupnya (optional)

Cara membuat:

1. Bungkus daging dengan plastik kemudian dipipihkan menggunakan ulekan. Jika sudah pipih, kemudian potong-potong sesuai selera.

2. Setelah itu, marinasi daging menggunakan 4 siung bawang putih yang dihaluskan, jahe, lada atau merica. Ini dilakukan untuk membuat daging empuk. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu menyerap.

3. Iris bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah, pala, dan kayu manis. Tumis bawang merah menggunakan sedikit minyak goreng. Masukkan bawang putih, bunga lawang, cengkeh, kayu manis, gula merah dan pala.

4. Setelah bumbu setengah matang, masukkan daging yang telah dimarinasi, aduk rata. Masukkan air panas hingga daging terendam (ini juga bertujuan untuk membuat daging empuk serta gurih).

5. Masukkan kecap manis, garam, diamkan selama 5 menit dimulai sejak mendidih. Matikan api, diamkan selama 30 menit. Setelah itu, nyalakan api kembali dan masak selama 7 menit.

6. Dalam proses memasak 7 menit ini, Anda boleh membuka tutup panci. Setelah itu, masukkan kentang, penyedap rasa, atau daun bawang sesuai selera.

7. Lanjutkan masak hingga kuah menyusut atau sesuai selera. Dalam step ini, biasanya daging sudah empuk. Jika ingin kering, diamkan hingga menyusut. Sajikan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini