Setoples Nastar Vs Sepiring Nasi, Mana Kalori yang Lebih Besar?

Antara, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 298 2409964 setoples-nastar-vs-sepiring-nasi-mana-kalori-yang-lebih-besar-yP8EQgosu8.jpg Nastar. (Foto:Ilustrasi/Cookhabits)

LEBARAN pastinya menghadirkan berbagai macam makanan, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Berbagai macam makanan ringan, baik buatan sendiri maupun dibeli, biasanya disajikan untuk tamu yang datang.

Nah, salah satu kue kering yang biasa hadir ketika Lebaran adalah kue kering yang menjadi primadona saat Lebaran tiba. Di balik rasa nastar yang sedap, kalori di dalamnya ternyata cukup besar.

Ahli Gizi dr Tirta Prawita Sari menyebut mengkonsumsi tiga nastar sama dengan sepiring nasi.

Nastar

“Nastar ada bermacam-macam tergantung bahan yang dipakai, tapi tiga nastar itu kurang lebih 120 sampai 140 kalori. Punya kalori yang sama dengan sepiring nasi,” ujar Tirta seperti dikutip dari Antara.

Tirta menjelaskan kandungan gizi kue kering yang dibuat dari tepung, gula, telur dan mentega berupa karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak. Zat gizi lainnya seperti vitamin dan mineral, menurut dia, tidak terlalu banyak ditemukan pada kue kering.

“Problem kue kering terbuat dari gula dan tepung, kebanyakan tepung putih yang sudah tidak ada serat. Jadi, kue kering itu makanan kecil, tapi bicara zat gizi banyak kalori,” kata Tirta.

Selain kalori tinggi, terlalu banyak mengonsumsi kue kering seperti nastar juga dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. Sebab, kue kering dibuat dengan banyak mentega dan margarin yang tinggi lemak.

Tirta menyarankan untuk memperlakukan kue kering sebagai makanan pendamping, layaknya permen.

“Kalau bisa dihindari lebih baik dihindari. Kalau memang mau makan disesuaikan dengan kalori lainnya yang telah dikonsumsi,” kata Tirta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini