Tips Liburan Lebaran Aman di Tengah Pandemi

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 612 2409751 tips-liburan-lebaran-aman-di-tengah-pandemi-tXxtXIOaHc.jpg Liburan ke pantai saat Lebaran (Foto: Ini Urgent Care)

Liburan Lebaran yang cukup panjang, membuat sebagian masyarakat memanfaatkan waktu untuk pergi berlibur ke destinasi wisata lokal, atau paling dekat dengan rumah.

Akan tetapi di tengah pandemi, masyarakat diimbau agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Hal ini dikarenakan guna mencegah terjadinya lonjakan Covid-19, khususnya di tempat wisata.

Lalu bagaimana cara liburan aman bersama keluarga, selain memperhatikan prokes? 

tes Covid-19

1. Tes Covid-19

Sebelumnya Anda dan keluarga bepergian untuk berlibur, dianjurkan untuk memeriksakan diri atau tes Covid-19 lebih dulu.

Anda bisa melakukan rapid test antigen, swab atau PCR (polymerase chain reaction) agar mengetahui apakah kesehatan Anda aman. Sehingga bisa melanjutkan liburan bersama keluarga.

2. Hindari Zona Merah

Bagi Anda yang ingin liburan, diusahakan agar tak datang ke zona merah yang berpotensi menularkan Covid-19.

Apabila tempat wisata yang ingin Anda kunjungi berada di zona merah, maka sementara waktu bisa menciptakan nuansa liburan bersama keluarga sendiri di rumah.

3. Hindari Kerumunan

Tempat wisata identik dengan kerumunan. Maka Anda harus hati-hati, jangan sampai ikut berkerumun karena berpotensi dapat menularkan Covid-19.

Anda bisa mencari tempat yang lebih sepi, atau tidak banyak dikunjungi orang lain agar liburan bersama keluarga tetap aman dan nyaman.

4. Bawa Bekal

Piknik bersama keluarga jadi hal yang menyenangkan, bukan. Namun di masa pandemi ini Anda dianjurkan untuk membawa alat makan dan minum sendiri.

Hal ini disebabkan, mencegah penularan Covid-19 dari benda lain yang disentuh sembarangan.

5. Tetap Pakai Masker

Masker jadi benda wajib yang dipakai saat dalam segala situasi. Ini berguna untuk mencegah masuknya virus masuk melalui saluran pernafasan.

Selain masker, sediakan juga hand sanitizer, tisu basah dan pakaian ganti supaya Anda tetap steril dan merasa aman, serta nyaman.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini