Kebanyakan Makan Jeroan Bikin Asam Urat, Ini 5 Pertolongan Pertamanya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 612 2409806 kebanyakan-makan-jeroan-bikin-asam-urat-ini-5-pertolongan-pertamanya-o605KH7Oku.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARI Raya Lebaran biasa dirayakan bersama kerabat dan saudara dengan makanan yang beragam. Tidak jarang, makanan yang disajikan bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Salah satu penyakit yang biasa menyerang ketika kita makan daging atau jeroan adalah asam urat. Makan makanan yang berzat purin tinggi yang dikonsumsi, seperti jeroan hewan, hidangan laut, dan daging merah.

Ada beberapa gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, di antaranya:

-Sendi mendadak terasa sangat sakit.

Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.

-Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.

-Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Asam urat

Nah, daripada mengonsumsi obat-obatan kimia, cobalah mengobati dengan obat tradisional. Penasaran apa saja obat herbal tersebut? Berikut seperti dilansir dari Healthline.

Madu Hitam

Madu jenis ini dapat membantu mengatasi asam urat tinggi secara alami sehingga tidak merusak fungsi ginjal dan organ tubuh lainnya.

Kunyit

Warna kuning pada kunyit tersebut mengandung kurkumin sehingga berkhasiat menguras asam empedu. Masakan yang mengandung bahan kunyit sangat bermanfaat bagi pengidap kolesterol berlebihan. Sifat kunyit tersebut berguna untuk menekan pengaruh buruk lemak jenuh.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan populer yang digunakan untuk obat-obatan herbal. Bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Caranya: makan tiga sampai empat siung setiap hari, jangan lupa banyak minum air untuk menghindari dehidrasi akibat zat diuretik yang terkandung dalam bawang putih.

Daun Salam

Daun salam yang biasa digunakan untuk bumbu masakan, juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya untuk menurunkan kolesterol jahat, daun salam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

Biji Ketumbar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan kadar kolesterol. Biji ketumbar juga memiliki hipoglikemik yang dapat berguna untuk mengatur diabetes kamu.

Hanya perlu siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, lalu campurkan dengan satu cangkir air dan rebus. Setelah mendidih, saring dan ramuan siap diminum. Sebaiknya minum dua kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan susu, gula, atau kapulaga.

Jika kamu tidak memiliki bubuk biji ketumbar, maka cukup menggunakan biji ketumbar dan panggang kering. Kemudian giling biji ketumbar yang sudah dipanggang untuk dijadikan bubuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini