Tips Makan Opor Ayam Cs saat Lebaran agar Tidak Ganggu Kesehatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 612 2409949 tips-makan-opor-ayam-cs-saat-lebaran-agar-tidak-ganggu-kesehatan-pa7AXvqTLF.jpeg Opor Ayam. (Foto: Cookpad)

SELAMA Idul Fitri banyak orang kalap dan mengonsumsi aneka makanan lezat. Biasanya opor ayam, rendang, serta aneka makanan bersantan kerap menghiasi meja makan pada saat Hari Raya Idul Fitri. 

Mungkin Anda lupa, tapi makanan ini sebenarnya tidak cukup sehat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus membatasi konsumsi makanan tersebut.

Merangkum dari channel YouTube Pertamina, Kamis (13/5/2021), Spesialis Gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr. Diani Adrina , Sp.GK membagikan sejumlah siasat agar makanan Idul Fitri yang dikonsumsi tidak berbahaya bagi kesehatan.

“Jadi siasatnya adalah bila kita ingin makan rendang, boleh saja dikonsumsi pada saat kita sarapan. Lalu saat makan siang, konsumsilah makanan yang berbeda, barangkali opor ayam," katanya.

Opor ayam

"Misalkan kita ingin makan opor, tentu yang dianjurkan adalah makan opornya saja, kuahnya jangan ditabur di atas ketupatnya. Dengan begitu kita bisa mengurangi asupan dari santannya yang berlebihan,” terang dr. Diani.

Hal yang sama juga berlaku pada saat seseorang hendak mengonsumsi aneka kue atau makanan ringan yang tersaji pada saat Idul Fitri. Seseorang harus bisa mengatur waktu yang tepat, ketika hendak mencicipi makanan ringan.

“Demikian juga untuk kuenya, kue ini bisa kita konsumsi pada jam snack yakni pukul 3-4 sore. Setiap hari kita bisa mencicipi satu jenis kue lebaran yang kita inginkan,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini