Kesulitan Masak Lobster? Ikuti 3 Langkah Mudah Ini Saja

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 298 2410270 kesulitan-masak-lobster-ikuti-3-langkah-mudah-ini-saja-pgrW8Jeskt.jpg Ilustrasi lobster. (Foto: MP1746/Pixabay)

MAKANAN laut yang disukai banyak orang adalah lobster. Rasa lobster dikenal sangat lezat. Kemudian banyak gizi di dalamnya. Karena itu, lobster terkenal sebagai seafood dengan harga mahal dan tergolong sebagai hidangan mewah.

Tapi tenang saja, lobster ternyata bisa dibuat sendiri di rumah, jadi tidak perlu pergi ke restoran seafood. Tentunya ini akan membuat lebih simpel, hemat, dan bisa dikreasikan sesuai selera masing-masing.

Lantas, bagaimana memasak lobster dengan mudah. Berikut tiga langkahnya, sebagaimana dipaparkan laman The Spruce Eats.

Baca juga: Deretan Makanan Pereda Nyeri Menstruasi, Ada Buah Pisang Lho 

1. Merebus lobster

Cara paling mudah dan tradisional dalam mengolah lobster adalah merebusnya. Didihkan sepanci air asin dengan 1/4 cangkir garam kosher per liter air, masukkan kepala lobster terlebih dahulu, tutup panci, didihkan kembali, kemudian turunkan hingga mendidih dan masak selama 15 menit untuk lobster 1 1/4 pon atau 20 menit untuk 1 1/2 pon.

Setelah merebusnya, barulah bisa mengolahnya lagi menjadi hidangan lobster lada hitam, lobster asam manis, hingga lobster saus padang. Yummy.

Lobster. (Foto: David Todd McCarty/Unsplash)

2. Mengukus lobster

Cara lain memasak lobster jika tidak ingin memanggang atau merebusnya adalah dengan mengukusnya. Langkah ini jadi yang paling sederhana dari segi rasa, karena uap saat dikukus tidak memberikan rasa tambahan apa pun pada lobster.

Caranya kukus dalam tempat pengukus, tutup, tunggu selama 18 hingga 20 menit untuk lobster berukuran 1 1/4 hingga 1 1/2 pon. Jika lobster sudah matang, dia akan menjadi merah cerah.

Baca juga: Jaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan, Yuk Konsumsi 5 Makanan Ini 

3. Dipanggang

Bisa juga dengan memanggang lobster. Sebelum memanggangnya, belah lobster utuh di bagian tengahnya dengan pisau tajam. Perlu juga merebus lobsternya 5 hingga 6 menit. Kemudian membelah dan memanggangnya.

Untuk memanggang lobster, olesi dagingnya dengan mentega cair, taburi dengan remah roti, lalu panggang sejauh enam inci dari pemanggang sampai remah roti berwarna kecoklatan. Setelah itu pindahkan ke oven dengan 205 Celsius sampai daging lobster matang.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini