Eucalyptus Ampuh Tangkal Covid-19, Yuni Shara: Saya Jadi Merasa Lebih Safety

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 481 2410304 eucalyptus-ampuh-tangkal-covid-19-yuni-shara-saya-jadi-merasa-lebih-safety-WBD2oRpD49.jpg Yuni Shara (Foto : YouTube/TV Tani Indonesia)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian melakukan uji klinis dan mengembangkan, terkait penelitian tanaman eucalyptus sebagai anti Covid-19.

Penelitian ini telah dilakukan sejak satu tahun lalu, dan saat ini dilakukan kembali agar lebih berkembang. Kementerian Pertanian bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti Universitas Hasanuddin agar Tananam tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Balai Penelitian Veteriner, Indri Dharmayanti mengatakan, eucalyptus jadi kandidat terkuat, yang berpotensi pencegahan Covid-19 di antara 60 tanaman herbal lainnya.

Eucalyptus

"Kita tidak ujug-ujug langsung memilih, tapi kita sudah menscreening dulu dari 60 tamana herbal. Kemudian ada yang berpotensi sebagai anti virus, kemudian eucalyptus terpilih dan semua teruji terhadap virus modern," katanya seperti dikutip dari channel YouTube TV Tani Indonesia.

Sementara itu Ketua Tim Riset Eucalyptus Universitas Hasanuddin, Arif Santoso menjelaskan bahwa eucalyptus dapat membantu meredakan batuk, serta serangan virus. Hal ini diharapkan dapat juga mencegah penularan Covid-19, sehingga masyarakat dapat memakainya.

"Kami sebagai dokter, tentu saja satu, melakukan terapi pasien dan terapi itu harus bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jadi bukan sekadar klaim saja," terangnya.

Baca Juga : Puji Produk Kementan, Yuni Shara Kini Merasa Safety Gunakan Kalung Eucalyptus

Kemudian untuk membuktikan khasiat dari eucalyptus ini, Yuni Shara pun ikut memakainya. Penyanyi ini mengenakan kalung eucalyptus yang sudah didesain atau dimodifikasi. Menurut Yuni Shara adanya kalung ini membuat dirinya merasa terlindungi, karena berpotensi membunuh virus.

“Sekarang saya sangat mengurangi aktivitas di luar rumah, namun kan kadang ada hal yang tidak dapat dikerjakan dari rumah, sehingga harus keluar. Jadi dengan adanya inovasi kalung eucalyptus ini saya jadi merasa lebih safety," ujarnya.

Yuni mengatakan, bahwa sebelumnya ia pernah memakai kalung anti virus, akan tetapi produk dari luar negeri. Kemudian, ia berkesempatan untuk memakai kalung anti virus yang merupakan buatan Tanah Air. Serta tanaman yang dipakainya juga berasal dari Indonesia.

Yuni Shara

"Ini produk dari Indonesia, dari petani Indonesia, tumbuhan yang ada di Indonesia dan dengan bangganya saya memakai ini. Ini kalung anti atau pencegahan virus corona," katanya.

Selain kalung, eucalyptus ini juga akan dikemas menjadi balsem, inhaler, roll on dan bentuk lainnya. Alasannya karena agar masyarakat dapat menggunakannya dengan praktis dan mudah, sehingga diharapkan dapat mencegah dari penyebaran Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini