Perlukah Sunscreen saat Pakai Masker? Begini Kata Dokter Kulit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 611 2410081 perlukah-sunscreen-saat-pakai-masker-begini-kata-dokter-kulit-xurTcRbZAZ.jpg Pakai masker (Foto: Marie Claire)

Di tengah pandemi Covid-19, memakai masker menjadi keharusan semua orang saat keluar rumah. Karena itu, tren makeup pun berubah, area mata mendapat perhatian lebih banyak dibanding yang lain.

Tidak hanya itu, bicara soal penggunaan skincare di masa pandemi pun berubah. Sebisa mungkin orang mengaplikasikan produk dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Menjadi pertanyaan sekarang, pakai sunscreen apakah harus semuka atau area jidat dan mata saja? Untuk area yang tertutup masker menjadi tidak harus?

pakai sunscreen 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Arini Astasari, SpKK, menjelaskan bahwa meski Anda pakai masker, pakai sunscreen tidak ada bedanya dengan tanpa masker. "Jadi, ya, tetap harus semuka," katanya dalam webinar Carasun, Selasa (7/4/2021).

Bukan tanpa alasan, tetap mengaplikasikan sunscreen semuka meski pakai masker untuk memastikan perrlindungan maksimal dari paparan sinar matahari yang buruk.

"Logikanya kan sudah tertutupi masker, tapi pada kenyataannya perlindungan sinar matahari pada masker itu tidak terlalu baik artinya masih bisa menembus. Jadi, sunscreen tetap penting meski pakai masker," kata dr Arini.

Hal penting yang harus diperhatikan lainnya adalah jangan pernah melupakan area belakang telinga untuk mendapatkan perlindungan sunscreen. Menurut dr Arini, area itu jarang sekali terlindungi padahal jika terpajan sinar matahari, ya, tetap berisiko mengalami masalah kulit.

"Jadi, jangan lupa mengoleskan dengan jumlah yang benar area belakang telinga supaya benar-benar kulit Anda terjaga dari efek buruk sinar matahari," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini