6 Olahraga Praktis untuk Hilangkan Lemak Akibat Opor Ayam Cs saat Lebaran

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 612 2410119 6-olahraga-praktis-untuk-hilangkan-lemak-akibat-opor-ayam-cs-saat-lebaran-g4eWebLLQL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

POLA makan yang tak terkontrol dan berlebihan selama perayaan Lebaran memang menjadi masalah tersendiri. Bagi mereka yang tengah menjalani diet, mungkin memilih untuk cheating day dan menikmati berbagai sajian lezat, berlemak dan berkalori tinggi yang sudah disiapkan keluarganya.

Nah, daripada nanti harus kerja keras menurunkan berat badan, ada baiknya Anda menjalani olahraga ringan demi menjaga kenaikan berat badan. Lantas, apa saja tipe jenis olahraga yang praktis namun cocok untuk menurunkan berat badan usai perayaan Lebaran ini?

Berikut enam rekomendasi olahraga praktis dari ahli diet dan nutrisi Ryan Raman, sebagaimana dikutip Healthline, Jumat (14/5/2021).

Jalan kaki

Berjalan kaki disebut sebagai salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Tipe olahraga yang nyaman, praktis, dan mudah bagi pemula untuk mulai berolahraga tanpa merasa kewalahan atau perlu membeli peralatan. Selain itu, ini adalah latihan berdampak rendah, yang berarti tidak membuat persendian kita jadi stres.

Menurut Harvard Health, diperkirakan bahwa orang dengan berat 70 kilogram membakar sekitar 167 kalori per 30 menit berjalan dengan kecepatan sedang 4 mph (6,4 km / jam).

Olahraga jalan kaki harian ini bisa dilakukan contohnya saat istirahat makan siang, naik tangga di tempat kerja, atau mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan sore. Sebagai permulaan, usahakan untuk berjalan selama 30 menit sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu. Setelah itu durasi atau frekuensinya bisa bertahap ditingkatkan saat merasa lebih bugar.

Olahraga

Jogging atau lari

Kecepatan jogging biasanya antara 4–6 mph (6,4–9,7 km / jam), sedangkan kecepatan lari lebih cepat dari 6 mph (9,7 km / jam). Penelitian menemukan bahwa jogging dan lari bisa membantu membakar lemak visceral yang berbahaya, yang biasa dikenal sebagai lemak perut.

Jenis lemak ini membungkus organ dalam dan berhubungan dengan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Jogigng atau lari adalah olahraga bagus yang bisa dilakukan di mana saja dan mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas mingguan kita.

Untuk memulai, targetkan joging selama 20–30 menit dengan intensitas tiga sampai empat kali per minggu. Jika merasa jogging atau lari di luar ruangan terasa berat bagi persendian, cobalah berlari di permukaan yang lebih lembut seperti rumput atau bisa juga melakukannya dengan bantuan alat treadmill.

Bersepeda

Bersepeda tak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi penelitian tmenemukan bahwa orang yang bersepeda secara teratur memiliki kebugaran yang lebih baik secara keseluruhan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan punya risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan kematian yang lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang tidak bersepeda secara teratur.

Bersepeda sendiri diketahui jadi jenis olahraga yang masuk dalam tipe latihan tanpa beban dan berdampak rendah, jadi tidak akan terlalu membebani sendi-sendi kita.

Renang

Berenang adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh bugar. Cara kita berenang memengaruhi berapa banyak kalori yang dibakar. Per 30 menit, seseorang dengan berat 70 kilogram bisa membakar 298 kalori saat melakukan gaya punggung, 372 kalori saat melakukan gaya dada, dan 409 kalori saat melakukan gaya kupu-kupu.

Selain secara signifikan mengurangi lemak tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk total kolesterol dan trigliserida darah yang tinggi.

Manfaat lain dari berenang adalah sifatnya yang termasuk latihan rendah, yang berarti lebih mudah bagi persendian tubuh kita, membuat berenang jadi pilihan yang bagus untuk orang-orang yang mengalami cedera atau nyeri sendi.

Yoga

Olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah ini, tak populer dianggap sebagai jenis olahraga untuk penurunan berat badan. Padahal latihan ini membakar cukup banyak kalori dan menawarkan banyak manfaat kesehatan tambahan yang dapat mendorong penurunan berat badan loh!

Selain membakar kalori, penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat mengajarkan kesadaran (mindfulness) yang bisa membantu agar bisa mengontrol diri dan menolak makanan tidak sehat, mengontrol makan berlebihan, dan lebih memahami sinyal rasa lapar tubuh. Untuk yoga, bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan tutorial online yang banyak tersedia.

Pilates

Menurut sebuah penelitian American Council on Exercise, seseorang dengan berat sekitar 64 kilogram bisa akan membakar 108 kalori dengan gerakan pilates untuk pemula selama 30 menit.

Meski pilates mungkin tidak membakar kalori sebanyak latihan aerobik seperti lari, banyak orang menganggap olahraga ini menyenangkan sehingga akhirnya membuat diri jadi lebih mau untuk disiplin melakukannya dalam waktu yang lama.

Selain penurunan berat badan, pilates telah terbukti mengurangi nyeri punggung bawah dan meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, daya tahan, dan tingkat kebugaran tubuh secara keseluruhan. Jika ingin mencoba pilates, cobalah memasukkannya ke dalam rutinitas mingguan Anda dan bisa dilakukan di rumah atau gym yang menawarkan kelas pilates.

Agar lebih membantu untuk menurunkan berat badan, gabungkan pilates dengan pola diet sehat atau bentuk olahraga lain, seperti latihan beban atau kardio.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini