Tips Diet Kejar Berat Badan Ideal Pasca-Lebaran

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 612 2410168 tips-diet-kejar-berat-badan-ideal-pasca-lebaran-VjcHRD6ZAQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PUASA mungkin menjadi saat Anda mengelola pola makan dengan baik. Tapi, di sisi lain apa yang dikonsumsi saat puasa bisa jadi membuat kita malah mengalami kenaikan berat badan.

Pola makan yang tak sehat, mulai dari ukuran porsi, asupan kalori, lemak dan karbohidrat yang berlebihan selama bulan Ramdan bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan. Apalagi, saat Lebaran orang cenderung menyantap segala jenis makanan dan minuman.

Nah, agar berat badan bisa turun dan kembali ideal seperti sebelumnya. Maka diet sekaligus detoks pun perlu dilakukan. Bingung harus mulai dari mana? Tenang, mewarta Timesofindia, Kamis (14/5/2021) berikut tips diet sekaligus detoks agar berat badan bisa kembali ideal pasca Lebaran.

Terapi air

Meski sebagian besar orang beraktivitas di rumah dengan work from home, atau sekolah dan kuliah daring karena pandemi. Tapi nyatanya kebutuhan air atau cairan terkadang masih belum terpenuhi.

Langkah pertama untuk berdiet memantau pola makan ialah disarankan untuk minum dua gelas air sebelum duduk untuk makan. Hal ini bertujuan agar bisa mengurangi asupan makanan dan juga mengurangi keinginan untuk makan. Selain itu, ketika tubuh terhidrasi, pengeluaran energi saat istirahat akan meningkat yang berarti tubuh kita bisa membakar kalori lebih cepat.

diet

Makan dengan perlahan

Tips kedua ialah, berlatih menahan diri dan makan dengan perlahan. Ini akan membantu diri kita bisa mengenali sinyal tubuh saat mulai merasa kenyang. Perhatikan sinyal-sinyal ini dan jangan makan berlebihan setelah merasa kenyang.

Melatih porsi

Setelah puasa sebulan penuh, tubuh kita beradaptasi dengan jadwal puasa. Langsung kembali menghajar tubuh dengan makanan tinggi garam dan sarat lemak tentu bukan ide yang bagus.

Maka dari itu, mulailah mulai mengonsumsi porsi makanan yang lebih kecil dan mengurangi interval antara waktu makan. Jika ingin menjaga berat badan, mulailah makan buah-buahan dan sayuran segar sebelum menyantap camilan berkalori tinggi.

Jalan 30 menit setiap hari

Tak hanya pola makan yang penting, tapi juga aktivitas gerak tubuh. Mulai dengan yang simpel, contohnya berjalan kaki selama tiga puluh menit setiap hari. Aktivitas seperti ini diketahui bermanfaat untuk menjaga berat badan loh! Setelah itu, Anda bisa secara bertahap memasukkan latihan kardio seperti lari dan lompat tali dalam rutinitas olahraga harian.

Memonitor siklus tidur

Bangun subuh selama bulan Ramadan untuk sahur, mungkin telah membuat siklus tidur jadi tak biasa. Tak banyak orang yang memahami jika siklus pola tidur sama pentingnya dengan pola makan dan aktivitas bergerak. Jika kurang tidur dan merasa lemas sepanjang hari karena kurang istirahat, hal ini bisa jadi faktor yang memengaruhi perjuangan untuk menurunkan berat badan.

Berbagai penelitian telah mengaitkan kebiasaan tidur yang buruk dengan peningkatan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa. Jadi, pastikan Anda membiasakan diri untuk tidur tepat waktu setiap malam dan menjauhkan gadget dari jangkauan setidaknya satu jam sebelum tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini