Amerika Bebaskan Orang Lepas Masker Jika Sudah Divaksin, Indonesia Bagaimana?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 612 2410174 amerika-bebaskan-orang-lepas-masker-jika-sudah-divaksin-indonesia-bagaimana-MDqun5753V.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PUSAT Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika memutuskan bahwa mereka yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap bebas beraktivitas tanpa mengenakan masker. Padahal, seperti diketahui lonjakan kasus Covid-19 di India terjadi lantaran masyarakat abai akan protkol kesehatan setelah mendapatkan vaksin.

Seperti diketahui, lonjakan positif kasus Covid-19 di India memang membuat kondisi kesehatan negara tersebut porak poranda. Rumah sakit pun sudah tidak lagi mampu menampung para pasien, dan tabung oksigen pun sangat sulit dicari. Karenanya, keputusan CDC tersebut tentunya menimbulkan tanda tanya besar.

Salah satu negara yang terkejut dan mempertanyakan hal tersebut adalah Indonesia. Terlebih dengan meningkatnya kasus positif Covid-19 di sejumlah wilayah di Tanah Air. Lantas apakah kebijakan untuk beraktivitas tanpa menggunakan masker bisa diterapkan di Indonesia?

Menjawab hal tersebut, Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, dr. Dicky Budiman mengatakan bahwa pernyataan yang diberikan oleh CDC tidak bisa serta merta diterapkan Indonesia. Sebab itu adalah kebijakan di luar negeri.

“Apalagi negara yang strategi 3T kemudian vaksinasinya sudah sangat bagus (Amerika), aturannya tidak bisa diterapkan di Indonesia. Tidak bisa. Strateginya sama tapi perubahan atas pelonggaran tidak bisa sama,” terang dr. Dicky, saat diwawancarai MNC Portal Indonesia, Jumat (14/5/2021).

Menurut dr. Dicky, kondisi dan leveling antara Amerika dan Indonesia sangatlah berbeda. Sebab Indonesia dalam level community transmission sejak satu tahun lebih hingga saat ini.

“Artinya banyak kasus sumber infeksi yang tidak bisa kita identifikasi. Jadi kondisi ini tidak bisa dijadikan rujukan untuk itu,” tuntasnya.

Oleh karena itu, belajar dari kasus di India ada baiknya kita tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi keramaian dan membatasi pergerakan sampai semua orang sudah mendapatkan vaksin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini