Share

Deretan Tanaman Liar yang Bisa Dimakan, Apa Saja Ya?

Diana Rafikasari, Okezone · Jum'at 14 Mei 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 612 2410277 deretan-tanaman-liar-yang-bisa-dimakan-apa-saja-ya-W99xPoJvwe.jpg Ilustrasi tanaman liar teratai. (Foto: Schantalao/Freepik)

JIKA mendengar kalimat 'tanaman liar', Bisa Saja Muncul tumbuhan belukar di sekitar rumah atau tengah hutan. Sejumlah orang berpikir tanaman liar hanyalah tumbuhan biasa tidak terawat, tapi ternyata ada manfaatnya.

Beberapa tanaman liar ternyata bisa dimakan. Tidak hanya itu, sayuran yang tumbuh di alam bebas juga dapat dimakan saat musim hujan.

Tanaman liar mudah ditemukan oleh masyarakat perdesaan. Berikut ini tanaman liar yang bisa dimakan manusia, sebagaimana dilansir laman Times of India.

Baca juga: Merawat Tanaman Hias Ternyata Bisa Jaga Berat Badan dan Daya Ingat Lho 

Ilustrasi tanaman. (Foto: Jcomp/Freepik)

1. Talas liar

Tanaman talas liar memiliki kalsium oksalat di dalamnya yang harus dihilangkan dengan merebus atau memanggangnya. Menurut beberapa akademisi, diketahui memiliki kandungan pati yang tinggi dengan serat makanan yang ada di dalamnya. Daun talas liar kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang membuatnya bermanfaat. Sebelum memasak tanaman ini, pastikan merebus atau memanggangnya dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: 4 Cara Sederhana Rawat Tanaman Hias Tetap Subur dalam Waktu Lama 

2. Bayam ramping

Bayam ramping adalah tanaman liar populer yang daun dan tanaman mudanya terkadang dinikmati sebagai sayuran dengan cara menggorengnya. Ini juga merupakan tanaman obat karena daunnya diuretik dan pencahar, bisa digunakan untuk mengobati radang, bisul, dan wasir.

3. Teratai

Konon semua bagian tanaman teratai bisa dimakan, tapi harus sangat hati-hati. Dari keripik hingga kacang, dan bahkan kari yang lezat, Anda bisa membuat apa saja dengan tanaman teratai ini.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tanaman untuk Pemula, Yuk Mulai Berkebun 

4. Krokot belanda

Umumnya dikenal sebagai waterleaf atau sambar cheera, krokot dikonsumsi disejumlah wilayah. Tanaman ini dapat digunakan dalam berbagai kari untuk meningkatkan ketebalan hidangan. Krokot juga memiliki khasiat obat dan dapat digunakan dalam pengobatan diabetes serta campak dengan kandungan kaya akan vitamin A, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Infografis tanaman liar bisa dimakan. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini