Mengenal Gentle Birth, Metode Persalinan Paling Diminati Mama Muda

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 16 Mei 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 481 2410568 mengenal-gentle-birth-metode-persalinan-paling-diminati-mama-muda-XhrSyqskx3.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APA itu metode persalinan gentle birth? Istilah ini tentu pernah didengar oleh para ibu hamil.

Tapi apakah gentle birth berbeda dengan metode persalinan normal yang kerap ditemui ya? Spesialis Kandungan dr Nisa Fathoni SpOG, IBCLC akan menjelaskan lebih lanjut.

Dituturkan Founder Klinik Halo Bayi, pada dasarnya proses kehamilan dan persalinan dijalani dengan nyaman tenang, tanpa rasa takut. Kalau mindset positif rasa nyeri saat persalinan sangat mininal.

"Gentle birth itu orang tahunya lahirnya normal. Tahukah, gentle birth enggak hanya normal, tapi tindakan ke bayi lembut dan ibunya lembut," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

 Nisa

"Gentle birth itu lahiran harus tenang nyaman aman, body and soul selaras, menanganinya penuh lembut

Anda juga pasti pernah membayangkan jika melahirkan, membuat para perempuan takut dan sakitnya minta ampun. Padahal kalau mindset positif sejak hamil, kenyataannya melahirkan itu menjadi proses yang menyenangkan.

"Kalau orang hamil estrogen progesteron naik. Kalau semua jadi negatif, padahal saat hamil menjalani hamilnya jadi santai, damai," tuturnya.

Dijelaskan lebih lanjut, saat hamil, perempuan sebenarnya punya kemampuan tubuh yang dipersiapkan untuk persalinan. Anda perlu mengemas proses persalinan yang tak menakutkan, karena persalinan harus dinikmati.

"Jika dipersiapkan dengan baik, kita bisa loh. Sehingga proses persalinan itu menyenangkan," ucapnya.

Setiap ibu hamil mengalami perubahan fisiologis dan Anda harus memberdayakan diri 

Apalagi persalinan itu aktivitas fisik mebangkitkan energi. "Di situlah kita harus mempersiapkan diri dan berharap untuk dimudahkan prosesnya."

"Kenapa enggak kita mengemas itu melahirkan jadi santai, semakin timbul nyeri itu semakin dekat dengan bayi, persalinan enggak hanya melahirkan bayi tapi melahirkan padangan sebagai orangtua," tutur dokter asal Solo ini.

Meski begitu, pesan dr Nisa, ibu hamil jangan mager atau berdiam. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Misal komplikasi saat hamil, aware terhadap diri sendiri, atau ikut yoga.

"Jadi selama hamil itu harus happy tahu banyak hal, enggam semua melahirkan itu nyeri dan sakit," tutup pemilik laman Nisapedia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini