Waspada Komplikasi Penyakit Diabetes, Periksa Gula Darah Saja Tak Cukup Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 02:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 612 2410321 waspada-komplikasi-penyakit-diabetes-periksa-gula-darah-saja-tak-cukup-loh-HiOFEFgtgr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KONSUMSI makanan tinggi kalori memang bisa menyebabkan gula darah rentan mengalami kenaikan. Jika sudah begitu, maka seseorang bisa saja mengalami diabetes.

Jika tidak ditangani dengan baik, bukan tidak mungkin adanya komplikasi yang lebih luas. Karena itu perlu dilakukan pemeriksanaa tahap promotif, preventif, diagnosa, terapi atau kuratif hingga pada tindakan rehabilitatif.

"Bagi pasien diabetes, pemeriksaan gula darah saja tidak cukup. Kesehatan jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf juga harus diperhatikan karena jika tidak terkontrol maka akan menimbulkan komplikasi," terang Chairman Diabetes Connection Care Eka Hospital BSD, Sidartawan Soegondo.

Diabetes

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Imbar Umar Ghazali, menerangkan, banyak pasien Covid yang meninggal dunia akibat memiliki komorbid diabetes dan hipertensi.

Pasalnya, imunitas pada penderita diabetes dan hipertensi tidak bisa ditingkatkan dengan cepat. "Yang jelas imunitas penderita diabetes dan hipertensi itu tidak bisa ditingkatkan dengan cepat," katanya.

Baca Selengkapnya: Sapri Pantun Meninggal karena Gula Darah Tinggi, Kenali Risiko Lain Diabetes

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini