Bisakah Zona Hijau di Indonesia Lepas Masker seperti Amerika?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 612 2410332 bisakah-zona-hijau-di-indonesia-lepas-masker-seperti-amerika-MzLkKoraJo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VAKSINASI yang mulai berjalan di Amerika Serikat (AS) menimbulkan harapan baru. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pun menyatakan bahwa masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi, bisa melepas masker mereka saat beraktivitas.

Meski begitu, CDC tidak menyarankan semua negara melakukan hal yang sama. Pasalnya, kondisi di sebuah negara sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Epidemiolog dari Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani, mengatakan kebijakan bebas melepas masker setelah divaksinasi menurutnya tergantung pada kondisi penyebaran kasus yang ada di negara.

“Diperbolehkan tanpa masker dan telah divaksinasi bisa saja jika kasus hariannya memang rendah. Mungkin kalau di kita masuk pada zona hijau atau kuning. Jika orange dan merah tetap dengan protokol kesehatan,” terang Laura, saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Selain itu kebijakan tersebut juga harus melihat situasi. Jika dalam keramaian orang tetap dengan protokol kesehatan. Menurut Laura, saat ini masyarakat sudah harus bisa beradaptasi secara cepat terkait kondisi penyebaran Covid-19.

“Dengan situasi jumlah kasus yang sekarang, memang saat kita bisa menerapkan adaptasi kebiasaan baru dengan melihat perkembangan kasus yang ada. Karena sudah divaksin tetapi jumlah kasus masih banyak tentunya prokes harus terus dijalankan,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini