Masyarakat Diminta Tahan Diri Jika Tak Ingin Lockdown seperti Singapura

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 612 2410490 masyarakat-diminta-tahan-diri-jika-tak-ingin-lockdown-seperti-singapura-YmVNh3W4Oq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK bisa mudik atau ke luar kota, banyak masyarakat yang akhirnya memilih untuk mendatangi tempat wisata. Tempat wisata sendiri sudah membatasi jumlah pengunjung mereka mencapai 30-50 persen.

Beberapa lokasi wisata dikabarkan dipenuhi masyarakat yang mau liburan. Yang masih hangat adalah Ancol dengan jumlah wisatawan capai 35 ribu dalam satu hari saja.

Selain Ancol, Pantai Karangsong Indaramayu juga terpantau dipadati wisatawan yang mau menikmati momen liburan. Dari foto yang diberikan MNC Portal Indonesia, terlihat banyak warga yang bermain di sisi pantai dan terlihat tidak mematuhi protokol kesehatan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, memberikan tanggapan mengenai kondisi ini. Menurut dia, ada baiknya masyarakat menahan diri untuk liburan karena situasi sekarang masih pandemi, yang artinya penyebaran Covid-19 masih dapat terjadi.

"Baiknya kita menahan diri. Saat ini risiko lonjakan kasus sangat besar karena adanya pergerakan dan mobilitas dan interaksi yang sangat tinggi. Sekali lagi, pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menahan diri demi keselamatan bersama," kata Siti Nadia pada MNC Portal Indonesia melalui pesan singkat, Sabtu (15/5/2021).

Dia pun mengingatkan agar tunda aktivitas yang tidak penting karena situasi masih pandemi dan kita lihat bagaimana negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura sudah melakukan pembatasan bahkan sampai lockdown.

Siti Nadia pun mengimbau kepada penyedia lokasi wisata yang tetap buka agar memastikan dengan jelas warga yang mengunjungi lokasi wisata menerapkan prokes dengan ketat. "Pastikan di tempat hiburan prokes dijalankan dengan ketat," terangnya.

"Untuk saat ini, lebih baik hindari kerumunan daripada memaksakan diri yang nantinya bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari," tegas Siti Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini