Tips Alami Obati Jerawat di Wajah, Patut Dicoba

Iman Firmansyah, Jurnalis · Minggu 16 Mei 2021 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 481 2410909 tips-alami-obati-jerawat-di-wajah-patut-dicoba-sFXl6dICHx.jpg Ilustrasi muncul jerawat di wajah. (Foto: Kamran Aydinov/Freepik)

SETIAP orang pasti pernah merasakan munculnya jerawat di wajah. Adanya jerawat menandakan gangguan kesehatan di kulit wajah. Tapi jangan khawatir, sebab ada cara alami untuk mengobati jerawat di wajah. Salah satunya mengonsumsi teh hijau.

Teh hijau sendiri dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kulit. Tumbuhan ini mengandung senyawa nabati katekin yang memiliki sifat antibiotik, antiinflamasi, dan antioksidan baik.

Baca juga: Selain Enak Dikonsumsi, Madu Juga Bisa Obati Jerawat di Wajah 

Teh hijau diketahui tidak melalui proses pelayuan dan oksidasi yang sama seperti teh hitam, teh oolong, atau jenis teh lainnya. Ini membuat teh hijau mampu mempertahankan manfaat organiknya.

Teh hijau. (Foto: Shutterstock)

Kemudian Teh hijau juga mengandung polifenol yang dianggap membantu mengurangi jerawat ringan dan mencegah kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan.

Baca juga: Pemicu Timbul Jerawat dan Kulit Berminyak, Juga Cara Mengatasinya 

Banyak ahli kulit serta ahli kesehatan menyarankan Anda untuk memasukkan produk perawatan kulit dengan ekstrak teh hijau atau mengonsumsi teh hijau kulit yang sehat dan bercahaya. Orang-orang yang telah memasukkan minum teh hijau dalam kesehariannya, merasakan penurunan jerawat dan mengalami kulit yang tampak lebih sehat.

Sebagaimana dilansir laman Times of India, meminum teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi racun dari tubuh. Dipercaya bahwa untuk memiliki kulit yang tampak sehat dan bebas jerawat, Anda perlu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi bebas minyak, sehat, antiinflamasi, dan jangan lupa selalu menjauhi stres.

Dengan banyaknya semua sifat tersebut, teh hijau tidak hanya memiliki zat kimia yang membantu mengurangi jerawat, tetapi juga memiliki sifat yang membersihkan sistem Anda, menyerap minyak ekstra dari sistem Anda, membuat merasa ringan dan kenyang.

Jenis kulit yang rentan berjerawat melepaskan minyak sebum ekstra yang memberikan kelembapan pada kulit dan kulit kepala. Namun pada kulit yang rentan berjerawat, hormon manusia cenderung mengeluarkan minyak sebum dalam jumlah tinggi yang mana menyebabkan pertumbuhan bakteri sehingga menyebabkan jerawat. Inilah alasan mengapa teh hijau baik direkomendasikan untuk mengurangi jerawat.

Baca juga: Amankah Beauty Device Digunakan saat Kita Berjerawat? 

Anda juga bisa membuat masker wajah teh hijau buatan sendiri dan mendapatkan dua manfaat. Cara pengaplikasian teh hijau cukup mudah, cukup dengan merebus daun teh, saring, lalu buat menjadi pasta dengan tambahan sedikit soda kue dan madu.

Cara ini membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat debu. Ketika diterapkan secara teratur, dipercaya memiliki efek yang sangat positif pada kulit.

Jerawat di wajah. (Foto: Drobotdean/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini