Rajin Minum Teh Bisa Cegah Sakit Jantung hingga Kanker Lho

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 481 2410917 rajin-minum-teh-bisa-cegah-sakit-jantung-hingga-kanker-lho-PdOcuvcqgU.jpg Minuman teh. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

BANYAK manfaat kesehatan bisa diraih dengan rajin minum teh. Penelitian menunjukkan bahwa minum tiga cangkir atau lebih teh dalam sehari lebih baik dibanding minum air dalam jumlah sama. Pasalnya, antioksidan yang terkandung di dalam teh bisa meningkatkan kesehatan tubuh di saat yang sama dengan rehidrasi.

Kemudian masih banyak lagi manfaat teh untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja? Ini dia enam di antaranya, sebagaimana dilaporkan laman Realbuzz.

Baca juga: Ini Dia 3 Teh Bunga yang Bisa Atasi Masalah Susah Tidur 

1. Menghidrasi tubuh

Selain air yang menjadi cairan utama untuk menghidrasi tubuh setelah berolahraga atau aktivitas lainnya, beberapa ilmuwan percaya bahwa minum teh bisa sama bermanfaatnya. Meski tinggi kafein, teh tetap bagus untuk menghidrasi karena menyediakan sumber air yang kaya dan beraroma.

2. Mengurangi risiko sakit jantung

Teh meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Teh juga mengandung antioksidan flavonoid yang dapat memperlambat timbul dan risiko penyakit jantung.

Es teh. (Foto: Racool Studio/Freepik)

3. Melangsingkan tubuh

Minum teh secara teratur dapat membantu menurunkan lemak tubuh, yakni mempercepat pembakaran kalori.

4. Mencegah kerusakan gigi

Minum teh secara teratur dapat memperkuat gigi dan menurunkan risiko kerusakan gigi. Teh adalah sumber fluorida bagus yang dapat meningkatkan enamel gigi. Antioksidan yang terkandung dalam secangkir teh juga telah dikenal untuk melawan bakteri dan penyakit gusi.

Baca juga: Kenali 4 Manfaat Teh Hijau yang Sudah Terbukti lewat Penelitian 

5. Mencegah kanker

Meskipun peneliti masih meneliti di bidang ini, laporan menunjukkan bahwa kasus kanker prostat, mulut, dan payudara jauh lebih rendah di antara mereka yang secara teratur minum lima cangkir teh atau lebih sehari.

6. Meningkatkan daya ingat

Banyak ilmuwan percaya bahwa jenis teh tertentu seperti teh hijau dapat memperkuat sel memori di otak dan menawarkan perlindungan dari perkembangan demensia dan bahkan penyakit alzheimer.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini