Biji Pala Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan, Ini 7 di Antaranya

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 481 2410919 biji-pala-banyak-khasiatnya-untuk-kesehatan-ini-7-di-antaranya-cva0Cr8Kx2.jpg Ilustrasi biji apel. (Foto: Mareefe/Pixabay)

PERNAHKAH Anda mengetahui biji pala? Ya, biji pala dihasilkan dari buah pala yang merupakan rempah-rempah bernilai tinggi.

Biji pala seringkali dibuang begitu saja atau dimanfaatkan sebagai tambahan rempah dalam masakan. Tapi sebenarnya biji pala banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan, Salah Satunya Merawat Gigi 

Ada macam-macam kandungan nutrisi di dalam biji pala, di antaranya mineral, vitamin B1, serta vitamin B6. Maka itu, mulai sekarang maksimalkan biji pala. Banyak manfaat yang diberikan jika mengonsumsinya dengan baik.

Ini dia tujuh khasiat luar biasa biji pala untuk kesehatan tubuh manusia, sebagaimana dilaporkan laman NDTV.

Ilustrasi pencernaan. (Foto: Shutterstock)

1. Melancarkan pencernaan

Minyak biji pala memiliki efek karminatif yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Cocok dikonsumsi saat diare, sembelit, dan kembung.

2. Mengatasi insomnia

Biji pala memiliki efek menenangkan dan membuat kantuk jika dikonsumsi dalam dosisi kecil. Tambahkan sejumput bubuk biji pala ke segelas susu hangat dan minum sebelum tidur.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan 

3. Mengobati bau mulut

Bau mulut dapat disebabakan gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan tidak tepat, sehingga membangun racun di dalam organ tubuh. Untuk mengatasinya coba gunakan biji pala yang bersifat mendetoks. Di zaman dahulu, biji pala menjadi bahan campuran dalam pasta gigi.

4. Kesehatan otak

Biji pala efektif mengobati depresi dan kecemasan karena minyak esensial yang dikandungnya cenderung meredakan kelelahan serta stres.

5. Mengatur sirkulasi dan tekanan darah

Kandungan mineral biji pala seperti kalsium, zat besi, kalium, dan mangan dapat membantu mengatur sirkulasi dan tekanan darah yang penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh.

Baca juga: 4 Alasan Seseorang Membutuhkan Pelatih Kebugaran 

6. Meredakan nyeri

Minyak biji pala memiliki sifat antiinflamasi yang berguna mengobati nyeri sendi dan otot. Selain itu, minyak ini juga bisa mengobati peradangan, pembengkakan, dan luka.

7. Kesehatan kulit

Biji pala memiliki antimikroba dan antiinflamasi yang bisa menghilangkan komedo, mengobati jerawat, dan pori-pori tersumbat. Buatlah pasta dari biji pala dengan mencampurkan madu. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat selama 20 menit dan bilas.

Kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini