Orang-Orang di Bali Paling Rajin Pakai Masker, Aceh Paling Malas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 16 Mei 2021 02:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 612 2410617 orang-orang-di-bali-paling-rajin-pakai-masker-aceh-paling-malas-oXpOaSkXW7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GUNA menurunkan kasus positif Covid-19, salah satu protkol kesehatan yang harus diikuti masyarakat adalah menggunakan masker. Tapi, nampaknya tidak semua orang patuh dalam menggunakan masker.

Tapi, Survei University of Maryland bekerja sama dengan Facebook mencatat tingkat penggunaan masker di berbagai provinsi di Indonesia. Survei yang dilakukan pada 178.988 responden dalam periode 10 Januari hingga 31 Maret 2021.

"Pada bulan Maret, 86% orang Indonesia yang disurvei melaporkan selalu atau sebagian besar mengenakan masker saat berada di depan umum. Penggunaan masker tertinggi adalah Bali (92%) dan terendah Aceh (72%)," lapor survei yang dilaporkan juga ke Kementerian Kesehatan.

Survei ini pun mengungkapkan bahwa semakin banyak orang yang melaporkan dirinya baru saja kontak langsung dengan orang yang tidak tinggal bersama. Ini menunjukkan bahwa kesadaran akan kesehatan masyarakat Indonesia semakin tinggi.

"Jika dibanding Februari 2021, angka persentase orang yang melaporkan dirinya baru saja kontak langsung dengan orang yang tak tinggal serumah naik sedikit meski secara statistik signifikan yaitu dari 36% menjadi 38%," ungkap laporan tersebut.

Baca Selengkapnya: Selamat! Bali Jadi Provinsi dengan Pengguna Masker Terbanyak di Indonesia

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini