Punya Makanan Sisa Lebaran, Jangan Lupa Dipanaskan Jika Tak Mau Keracunan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 16 Mei 2021 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 612 2410620 punya-makanan-sisa-lebaran-jangan-lupa-dipanaskan-jika-tak-mau-keracunan-9EgzCvhI31.jpg Opor Ayam. (Foto: HappyFresh)

MASIH punya makanan sisa Lebaran? Memang, makanan sisa bisa bertahan cukup lama di kulkas dan baru dipanaskan kembali ketika ingin di santap.

Tapi hati-hati, Akademisi dan Praktis klinis, Ari Fahrial Syam, mengatakan masyarakat yang cenderung menyimpan makanan sebanyak-banyaknya di kulkas. Selain itu, harus juga diperhatikan makanan yang matang jangan berdekatan dengan makanan yang mentah.

Dengan demikian, makanan yang matang tidak terkonsumsi dengan bakteri yang kebetulan hidup pada makanan yang mentah tersebut. "Makanan yang terlalu lama disuhu kamar juga cenderung mengalami kontaminasi," jelas dia.

Opor Ayam

"Selain itu juga ada kecenderungan untuk meletakan makanan di meja makan atau pada suhu kamar dalam waktu yang lama. Sehingga pada saat dikomsumsi selanjutnya, luput untuk dipanaskan kembali," tambahnya.

Menurutnya, yang menjadi masalah kadang kala tidak semua kuman yang mencemari makanan tersebut menyebabkan perubahan bau dan bentuk dari makanan tersebut. Jadi, makanan yang sudah masuk kulkas pun harus dipanaskan kembali. "Sehingga kejadian keracunan makanan yang kerap terjadi selama seputar lebaran tidak terjadi," tukasnya.

Baca Selengkapnya: Waspada Keracunan Makanan saat Lebaran, Ini Penyebab Utamanya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini