Tips Mengatur Kembali Pola Makan Sehat Pasca-Lebaran

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 16 Mei 2021 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 612 2410748 tips-mengatur-kembali-pola-makan-sehat-pasca-lebaran-3lj72q1lr6.jpg Makanan Lebaran bersantan dan berlemak (Foto: Inst Nonygueeny)

Lebaran di Indonesia selalu identik dengan hidangan khasnya. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang atau semur daging, kue nastar, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, hidangan khas Lebaran merupakan makanan yang mengandung santan dan tinggi gula. Akibatnya, jika dikonsumsi terlalu banyak tentunya dapat berbahaya bagi tubuh dan menimbulkan obesitas jika tak dikendalikan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengatur kembali strategi makan Anda supaya tubuh tetap sehat. Berikut tips mengatur kembali pola makan sehat pasca-Lebaran.

 hindari junk food

1. Hindari junk food

Jika Anda berencana ingin makan di restoran pasca-Lebaran, sebaiknya hindari mengonsumsi junk food. Ini karena Anda sudah mengonsumsi makanan lebaran yang identik dengan kandungan santannya.

Junk food merupakan makanan yang mengandung tinggi garam serta zat-zat pengawet. Jika dikonsumsi secara berlebihan, nantinya akan mengganggu metabolisme. Dampaknya, Anda bisa mengalami obesitas dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Konsumsi yoghurt

Setelah mengonsumsi berbagai hidangan lebaran, Anda bisa menetralkannya dengan konsumsi yoghurt. Yoghurt mengandung probiotik yang sehat untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan.

Selain itu, terdapat juga kandungan lain yang sangat baik untuk tubuh, seperti kalsium, vitamin B12, kalium, fosfor, dan zinc. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa menyantap yoghurt dengan ditambahkan beri-berian, yang juga berkhasiat untuk tubuh.

3. Konsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah akan selalu jadi daftar mutlak makanan sehat yang direkomendasikan. Terlebih pasca-Lebaran, tentunya ini akan memberi khasiat pada tubuh setelah sebelumnya Anda banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi saat Lebaran.

Serat dan vitamin pada buah dan sayur akan membantu memperbaiki sekaligus melancarkan sistem pencernaan. Ada banyak buah yang bisa Anda konsumsi seperti jeruk, apel, anggur, semangka, dan lain-lain.

4. Hindari makanan berlemak dan santan

Selama lebaran, Anda mungkin tak bisa mengontrol porsi makan. Wajar saja, terlebih jika Anda hanya mengonsumsi opor ayam, rendang daging, atau kue nastar setahun sekali.

Karena itu, pasca-Lebaran, hindari memasak makanan yang mengandung lemak serta kandungan santan yang tinggi. Karena hal tersebut dapat menimbulkan risiko penyakit di kemudian hari seperti darah tinggi, diabetes, dan lain-lain.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini