Biar Kue Lebaran Tetap Awet, Ikuti 4 Cara Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 298 2411395 biar-kue-lebaran-tetap-awet-ikuti-4-cara-ini-oIVlLXaJXY.jpg Kue Lebaran (Foto : Dimas/Okezone)

Meski Idul Fitri telah berlalu, namun suasana Lebaran masih terasa, terlebih jika Anda masih memiliki aneka kue lebaran di rumah. Kue kering seperti nastar, kastangel, dan yang lainnya akan lebih awet dibanding kue basah yang biasa disajikan saat Lebaran seperti tape uli atau manisan kolang-kaling.

Akan tetapi, jika Anda tidak mengaplikasikan metode memasak yang tepat, kue kering pun bisa menjadi cepat basi juga. Karenanya, MNC Portal Indonesia akan memberikan tips bagaimana cara memasak dan menyimpan kue Lebaran supaya tetap segar dan awet, seperti dilansir Mashed pada Senin (17/5/2021).

Panggang kue dan biarkan hingga benar-benar dingin

Nastar

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memanggang kue adalah mengeluarkan loyang dari oven, dan pastikan untuk mendinginkan kue tersebut terlebih dahulu.

Jangan pernah memindahkan kue ke dalam toples dalam keadaan hangat, terlebih panas. Ini karena uap kue belum keluar dengan sempurna sehingga membuat kue menjadi tidak awet.

Baca Juga : 5 Pilihan Kue Kering Enak dari Berbagai Negara

Simpan kue dalam wadah kedap udara pada suhu kamar

Setelah kue benar-benar dingin, pindahkan ke wadah kedap udara untuk disimpan. Jika Anda khawatir kue akan saling menempel atau dilapisi dengan sesuatu seperti frosting, tambahkan selapis kertas minyak atau kertas roti di antara kue tersebut.

Ini akan mencegah kue kehilangan desainnya atau tersangkut satu sama lain. Tutup kembali wadahnya dan jaga agar kue Anda tetap segar pada suhu kamar selama tiga sampai lima hari.

Simpan kue di freezer untuk masa pakai yang lebih lama

Anda bisa menyimpan kue di freezer dalam wadah kedap udara untuk masa konsumsi yang lebih lama. Tambahkan kertas lilin atau kertas roti di antara kue agar tidak saling menempel.

Jika sudah, tutup kembali wadahnya, dan masukkan kue Anda ke dalam freezer. Jika Anda menginginkan lapisan perlindungan ekstra, Anda dapat memasukkan kue ke dalam kantong freezer sebelum memasukkannya ke dalam wadah kedap udara.

Setelah Anda siap menikmati kue, keluarkan wadahnya, atau cukup keluarkan beberapa kue, dan biarkan mencair selama beberapa menit. Metode ini akan membuat kue Anda tetap segar selama tiga hingga empat bulan.

Adakah wadah terbaik untuk menyimpan kue?

Kue Lebaran

Pilihan wadah terbaik untuk menyimpan kue sebenarnya tergantung selera Anda. Selama wadahnya kedap udara, mencegah udara luar atau kelembapan masuk, wadah tersebut sudah cukup menjaga kue Anda tetap fresh.

Jika Anda memilih toples kue yang dijual bebas di pasaran, pastikan untuk mengikuti aturan praktis yang sama. Toples kue dengan kait pengunci agar kedap udara akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk menyimpan kue Anda daripada yang memungkinkan udara masuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini