5 Tanda Anda Terlalu Banyak Konsumsi Garam, Yuk Segera Dikurangi

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 481 2411189 5-tanda-anda-terlalu-banyak-konsumsi-garam-yuk-segera-dikurangi-bk7e6T7Ajq.jpg Ilustrasi garam. (Foto: Racool Studio/Freepik)

TUBUH setiap manusia memang membutuhkan asupan garam. Namun, tidak boleh terlalu banyak. Sebab jika mengonsumsi garam secara berlebihan bisa sangat berbahaya untuk kesehatan.

Menjaga kadarnya adalah hal terpenting, sebab garam juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Garam atau sodium dalam jumlah yang cukup dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, dan berperan dalam menjaga fungsi saraf serta otot.

Baca juga: Jaga Imunitas Tubuh saat Lebaran, Yuk Batasi Konsumsi Garam 

Meskipun Anda harus mengonsumsi garam setiap hari, perlu terus memeriksa atau memantau seberapa banyak garam telah dikonsumsi. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menganjurkan untuk membatasi konsumsi garam 2.400 mg atau sekira 1 sendok teh garam per hari.

Dikutip dari laman NDTV, Senin (17/5/2021), berikut lima tanda bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi garam.

Garam. (Foto: 8photo/Freepik)

1. Terus-menerus haus

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat membuat Anda merasa haus hampir sepanjang waktu. Ini terjadi karena makanan dengan kandungan natrium tinggi mengacaukan keseimbangan cairan tubuh. Cara terbaik mengatasinya adalah dengan minum banyak air. Tubuh akan terus memberi sinyal membutuhkan lebih banyak air untuk memulihkan keseimbangan garam.

2. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil adalah tanda bahwa Anda mengonsumsi terlalu banyak garam. Seringkali Anda mungkin terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Namun, ini adalah gejala dari banyak kondisi lain seperti ISK, diabetes tipe 2, dan kandung kemih yang terlalu aktif. Lakukan tes untuk memastikan apa sebenarnya akar masalahnya. Meski demikian, terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menjadi penyebabnya.

Baca juga: Kurangi Garam Bisa Cegah Stroke, Mitos atau Fakta? 

3. Menganggap makanan hambar dan membosankan

Apakah Anda merasa perlu menambahkan lebih banyak garam ke makanan? Apakah Anda terus-menerus menganggap makanan hambar dan membosankan? Nah, itu mungkin karena Anda terbiasa makan terlalu banyak mengonsumsi garam.

4. Sering sakit kepala ringan

Apakah Anda sesekali mengalami sakit kepala ringan? Kemungkinan sakit kepala ini disebabkan dehidrasi. Mengonsumsi terlalu banyak garam cenderung membuat anda sakit kepala dalam waktu singkat karena dehidrasi. Minum banyak air untuk mengatasi sakit kepala ini.

Baca juga: 5 Manfaat Kurangi Konsumsi Garam, Tubuh pun Jadi Lebih Sehat 

5. Bengkak di tempat yang aneh

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan pembengkakan di berbagai bagian tubuh. Pembengkakan bisa dirasakan di jari tangan dan di sekitar pergelangan kaki. Pembengkakan ini disebabkan cairan yang berlebihan di jaringan tubuh dan dikenal sebagai edema. Edema diyakini sebagai gejala dari kondisi kesehatan yang mendasari atau tanda bahwa Anda mengonsumsi terlalu banyak garam.

Garam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini