Benarkah Makan Pisang pada Malam Hari Bikin Batuk?

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 481 2411253 benarkah-makan-pisang-pada-malam-hari-bikin-batuk-yGIK7djcNJ.jpg Buah pisang. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

PISANG merupakan buah berwarna kuning yang sering dijadikan menu diet. Buah ini juga mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Selain Beri Banyak Nutrisi, Makan Pisang Hasilkan 4 Manfaat Luar Biasa Ini 

Buah pisang mengandung banyak serat, kalium, magnesium, kalsium dan vitamin A, C, dan B6. Pisang juga memiliki manfaat seperti menurunkan berat badan, menguatkan jantung, hingga mengoptimalkan gerakan usus pencernaan (peristaltik).

Pisang. (Foto: Boldsky)

Di sisi lain, ada kesalahpahaman terkait mengonsumsi pisang di malam hari yang bisa menimbulkan batuk. Padahal sebenarnya makan pisang di malam hari justru memperburuk gejala alergi pilek, bukan batuk.

"Faktanya beberapa efek yang timbul akibat produksi histamin yang berlebih adalah mengalami sesak napas dan hidung tersumbat serta berair yang gejalanya mirip dengan gejala flu," kata Fact Boy, seperti dikutip dari video di kanal YouTube Kemkominfo TV, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: 3 Jenis Pisang yang Baik Dikonsumsi, Bisa untuk Menurunkan Berat Badan 

Jadi, konsumsi buah pisang di malam hari bisa memicu reaksi alergi. Ini adalah intoleransi histamin, bukan membuat batuk, tapi mirip dengan gejala flu.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini