Pecahkan Rekor, Berlian Mirip Bunga Sakura Dilelang Rp542 Miliar

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 09:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 612 2411019 pecahkan-rekor-berlian-mirip-bunga-sakura-dilelang-rp542-miliar-1AYuUbo8kn.jpg Ilustrasi berlian. (Foto: Racool Studio/Freepik)

SEBUAH berlian 15,81 karat dilelang seharga USD38 juta atau sekira Rp542 miliar. Berlian bernama Sakura itu memiliki warna ungu-merah muda dan terlihat sangat cerah.

Berlian Sakura dilelang di Rumah Lelang Christie's Hong Kong. Ini menjadi berlian terbesar yang pernah ada di pelelangan.

Baca juga: Biar Gak Norak, Intip Gaya Pakai Aksesori ala Herjunot Ali 

Batu langka itu dipasang di atas cincin platinum sederhana dan telah diklasifikasikan sebagai cacat internal. Ini berarti noda apa pun hanya terlihat dengan pembesaran secara dekat.

Itu juga telah digolongkan sebagai "fancy vivid", yakni ukuran warna intens dicapai hanya dengan 4 persen dari berlian merah muda.

Berlian Sakura. (Foto: Christie's Image)

Ketua Departemen Perhiasan Rumah Lelang Christie's, Vickie Sek, mengatakan bahwa berlian itu "persis" dengan warna bunga sakura. Dia menambahkan, sangat jarang berlian merah muda diklasifikasikan sebagai tanpa cacat internal karena biasanya mengandung "banyak butiran".

Selain itu, sebagaimana dilansir laman cnn.com, Senin (17/5/2021), ukuran batu permata juga menjadikannya penemuan yang tidak biasa, sebab kurang dari 10 persen berlian merah muda memiliki berat lebih dari seperlima karat.

Baca juga: Berlian Terbesar asal Australia Dilelang, Harganya Mulai dari Rp13,5 MIliar 

Dengan ukuran hampir 80 kali lipat, Sakura juga dapat memecahkan rekor berlian ungu-merah muda termahal untuk dijual di rumah lelang.

Rekor saat ini dipegang oleh "The Spirit of the Rose", berlian 14,8 karat yang terjual hampir USD27 juta di Sotheby pada tahun lalu.

Berlian merah muda hadir dalam berbagai corak berbeda, sementara batu seperti Sakura terkenal karena nuansa ungunya.

Pada 2017, berlian merah muda 59,6 karat terjual dengan rekor USD71,2 juta di Sotheby's Hong Kong. Berlian yang dibeli oleh perusahaan perhiasan Hong Kong Chow Tai Fook dan dinamai "CTF Pink Star" tetap menjadi berlian poles termahal dengan warna apa pun untuk dijual di rumah lelang.

Baca juga: Efek Pandemi, Berlian Miliaran Rupiah Bakal Dibuang Sia-Sia 

Di sisi lain, pandemi covid-19 turut memengaruhi pasar perhiasan global dalam 1 tahun terakhir. Menurut penelitian Bain and Co, pendapatan dari penjualan berlian turun secara global sebesar 15 persen pada 2020.

Sedangkan di Amerika Serikat, penjualan perhiasan anjlok hingga 40 persen pada kuartal kedua tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini