5 Cara Menciptakan Pernikahan Bahagia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 612 2411177 5-cara-menciptakan-pernikahan-bahagia-ndhKlg5zli.jpg Pernikahan (Foto: my doimaine)

Banyak ahli percaya bahwa rahasia pernikahan bahagia dan sehat terletak pada partisipasi yang setara dari kedua pasangan. Ada beberapa prinsip yang dapat diikuti pasangan jika mereka ingin pernikahan yang penuh dengan kebahagiaan.

Terkait dengan hal tersebut, Konselor Jeevika Sharma pun membagikan 5 hal yang harus dilakukan kedua belah pihak untuk menciptakan pernikahan bahagia, seperti dilansir Femina India.

 pernikahan

1. Komunikasi dan Pemahaman

Setiap kali ada perselisihan di antara pasangan, penting bagi mereka berdua untuk duduk dan berbicara. Sangat penting bagi Anda untuk berkomunikasi satu sama lain dan tidak ada cara lain.

Jika Anda menyimpan emosi Anda dan menolak untuk membicarakan masalah apa pun, maka masalah itu akan muncul kembali di masa depan dalam skala yang lebih besar.

Karena komunikasi dan pemahaman berjalan seiring, Anda harus menerapkan hal ini ke dalam hubungan pernikahan secara bersama-sama, dan jangan mengabaikannya.

2. Kepercayaan dan Kejujuran

Kepercayaan dan kejujuran adalah batu fondasi hubungan apa pun. Jika suami dan istri selalu menerapkan kejujuran, maka akan timbul kepercayaan. Oleh karena itu, Anda harus jujur tentang segala hal dengan pasangan hidup Anda.

Sering kali, dalam pernikahan salah satu pasangan atau keduanya cenderung berbohong tentang hal-hal tertentu. Jika Anda menemukan diri Anda berbohong kepada pasangan Anda, Anda perlu bertanya pada diri sendiri mengapa.

Mengapa kebutuhan untuk berbohong muncul? Jika pasangan Anda tidak menyetujui sesuatu, Anda harus berbicara dengannya terlebih dahulu dan memahami pendapat Anda tentang masalah ini, tetapi berbohong bukanlah solusi. Itu hanya akan memperumit masalah lebih jauh.

3. Loyalitas dan Komitmen

Masuklah ke dalam suatu hubungan dengan meyakini bahwa dia adalah pasangan yang Anda inginkan untuk menghabiskan sisa hidup Anda. Keputusan Anda saat ini yang benar-benar menentukan nasib hubungan Anda.

Seperti banyak pasangan, diskusikan perasaan Anda dengan pasangan dan pastikan tidak ada rasa tidak aman atau rahasia dalam hal ini. Dengan cara ini, pasangan Anda akan tahu bahwa Anda tidak hanya terbuka tetapi juga berkomitmen dan menghormati hubungan tersebut.

Kesetiaan dan komitmen bukan hanya tanda cinta, itu juga tanda rasa hormat untuk pasangan Anda dan jaminan bahwa Anda tidak akan pernah melakukan apa pun untuk menyakitinya.

4. Keterbukaan dalam Hal Keuangan

Baik hanya suami yang bekerja ataupun istri juga melakukannya, perlu ada beberapa hal yang harus Anda terapkan dan patuhi. Meskipun Anda tidak perlu melaporkan setiap transaksi kepada pasangan, Anda berdua harus terbuka tentang pengeluaran saat ini dan yang diproyeksikan untuk menghindari konflik di kemudian hari.

Jangan merahasiakan rahasia tentang investasi atau pendapatan jika itu memengaruhi jalannya rumah tangga Anda bersama. Bersikaplah terbuka dan jujur tentang situasi keuangan Anda.

5. Kemampuan untuk Menghadapi

Sebuah pernikahan hanya bisa diselamatkan oleh orang yang cukup dewasa untuk menghadapi berbagai tantangan dalam sebuah hubungan. Jika Anda atau pasangan tidak dapat menangani masalah apa pun yang menghadang, maka pernikahan cepat atau lambat akan runtuh.

Jika ada sesuatu yang meredupkan kedamaian mental baik tentang pasangan Anda atau hal lain, hadapi dan dapatkan solusi bersama. Melarikan diri dari pertengkaran atau konfrontasi apa pun tidak akan pernah membantu, sebaliknya itu akan memperburuk hubungan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini