Tower 5 dan 6 Wisma Atlet Dipersiapkan Tampung Lonjakan Penderita Covid-19 Pasca-Lebaran

Carlos Roy Fajarta, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 612 2411287 tower-5-dan-6-wisma-atlet-dipersiapkan-tampung-lonjakan-penderita-covid-19-pasca-lebaran-qyHX14KYQX.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KENAIKAN kasus Covid-19 memang kerap terjadi setelah libur panjang. Oleh karena itu, libur Lebaran kali ini pun diperkirakan akan ada lonjakan kasus positif Covid-19.

Meskipun sudah dilakukan penyekatan dan melarang warga untuk mudik, tapi tetap saja ada warga yang pulang kampung. Jadi, tidak perlu heran jika kemudian terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mengatakan siap mengantisipasi lonjakan kenaikan angka kasus Covid-19 di ibukota Jakarta pasca arus mudik dan arus balik lebaran 2021 serta potensi kerumunan di obyek wisata selama libur panjang lebaran.

"Pada hari ini juga saya bersama kapolda megecek tower 5 dan tower 6 (RSDC-19 Wisma Atlet Kemayoran) dan akan mengecek dan melihat scara langsung pasien yang ada di sana," kata Dudung Abdurrachman.

"Kami datang untuk mengecek kesiapan tenaga kesehatan, unsur keamanan, dan sarana prasarana yang ada di RSDC Wisma Atlet Kemayoran ini khususnya dalam menghadapi lonjakan kenaikan kasus pasca mudik lebaran 2021," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menegaskan usai libur panjang diprediksi terjadi kenaikan kasus virus corona (Covid-19). Begitu pula usai libur Lebaran seperti saat ini.

Doni mengatakan, belajar dari pengalaman 1 tahun terakhir, kasus aktif yang meningkat setelah libur panjang itu berada pada kisaran antara 78% sampai 116%.

“Sedangkan angka kematiannya berkisar antara 46% sampai dengan 75%. ini terjadi setiap libur panjang,” katanya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah objek wisata di ibukota Jakarta seperti Ancol Taman Impian, Taman Margasatwa Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Kepulauan Seribu mengalami peningkatan jumlah pengunjung drastis meski sudah dibatasi kapasitas maksimal 30% oleh pemerintah.

Selain itu sejumlah pemudik tetap memaksakan melaksanakan mudik Idul Fitri dengan melakukan kucing-kucingan di sejumlah travel gelap, truk barang, ambulance, serta pengemudi sepeda motor yang menerobos titik penyekatan larangan mudik di Kedung Waringin perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini