Stroke, Hipertensi hingga Diabetes Kerap Terjadi Pasca-Lebaran

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 612 2411319 stroke-hipertensi-hingga-diabetes-kerap-terjadi-pasca-lebaran-XhtFbFHAFG.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

USAI Lebaran kita memang berharap yang terbaik baik kehidupan kita, termasuk perbaikan dalam gaya hidup. Memang, puasa bisa menjadi salah satu cara membuat pola makan teratur dan membuat hidup kita lebih sehat.

Tapi, yang terjadi adalah setelah lebaran rumah sakit malah ramai. Penyakit yang dikeluhkan pun bukan sekadar flu dan batuk, tapi juga penyakit yang serius.

’’Setiap tahun, biasanya setelah lebaran yang datang ke saya pasien stroke, hipertensi, atau diabetes,’’ kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam.

Dia melanjutkan, kondisi seperti itu kemungkinannya cukup tinggi. Apalagi mereka yang memang sudah memiliki indikasi penyakit tersebut. Pola makan yang sembarang setelah lebaran adalah masalah serius yang seharusnya diperhatikan semua orang.

’’Semacam balas dendam, orang-orang kebanyakan akhirnya makan apapun dan kapan pun setelah Ramadhan usai,’’ ungkapnya. 

Itulah yang menjadi faktor pembentuk penyakit tersebut. Jadi, bukannya badan yang sehat melainkan pergi ke rumah sakit dan bahkan harus dirawat intensif yang didapat.

Dokter Ari menambahkan, yang bisa dilakukan adalah menjaga jenis makanan lebaran yang Anda konsumsi. Bila masih ada janji untuk bertemu sanak saudara, alangkah baiknya memilah makanan dan mengurangi porsinya sedikit supaya badan tetap sehat. Bila memaksakan, bahaya penyakit besar pun bisa menyerang Anda.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini